Penyebab Koneksi Internet Smartphone Lemah

provider internetSiapa yang tidak punya smartphone? Pasti sebagian besar dari kalian saat ini sudah menggunakannya, baik itu blackberry, windows phone, Iphone ataupun android. Hampir segala jenis hiburan pun dilakukan melalui smartphoen, misalnya saja streaming film dan musik, atau membaca webtoon. Nah, bagi pengguna smartphone jenis apapun, pasti akan sangat bergantung pada internet. Karena itulah, mereka akan berusaha untuk mencari provider internet dengan jaringan yang terbaik menurut mereka agar fungsi smartphone mereka dapat berfungsi dengan maksimal. Tanpa koneksi internet yang lancar, teknologi secanggih apapun yang terdapat pada smartphone akan terasa tidak berguna.

Selain fungsi smartphone yang tidak dapat kita gunakan secara maksimal, lemahnya koneksi internet ini juga berdampak pada borosnya baterai. Alasannya, smartphone akan terus berusaha menarik sinyal internet sehingga membuat baterai terus menerus bekerja. Sebenarnya, ada beberapa alasan yang menjadi penyebab lemahnya koneksi internet pada smartphone, antara lain:

  • Pasti kita pernah menemukan kondisi dimana smartphone memiliki koneksi cepat, namun tiba-tiba koneksinya hilang begitu saja saat kita bergeser meskipun hanya sedikit. Hal ini memang sangat wajar terjadi, karena smartphone tidak memiliki antena eksternal dan hanya menangkap sinyal melalui antena internalnya saja, sehingga kemampuan penangkapan sinyal pun akan berkurang. Saat kita bergeser, mungkin saja lokasi tersebut tidak memiliki sinyal yang cukup kuat untuk ditangkap oleh antena internal smartphone kita. Apalagi, jika kita memegang smartphone dengan cara yang salah, sehingga justru menutupi antena internal smartphone sehingga menghambat kemampuannya menangkap sinyal.
  • Meskipun kita menggunakan smartphone, namun ada beberapa jenis smartphone yang meminta kita melakukan pengaturan internet secara manual. Hal ini sangat penting, karena pengaturan yang salah akan berdampak pada lemahnya koneksi internet, atau yang terparah adalah matinya koneksi internet untuk beberapa fungsi.
  • Terkadang kita memilih suatu provider karena kita menyukai provider tersebut, tanpa mempertimbangkan kualitas jaringannya. Hal ini bukan masalah, jika lokasi rumah atau kantor kita berada didekat BTS provider yang kita pilih. Namun, akan menjadi masalah jika justru BTS provider lain yang berada di lokasi rumah atau kantor kita. Sebaiknya, pilihlah provider yang memiliki koneksi terkuat di daerah yang sering kita kunjungi.

Tidak sesuainya kemampuan perangkat dengan jenis teknologi yang ditawarkan provider akan berpengaruh pada koneksi internet. Misalnya saja, jika smartphone yang kita gunakan hanya terbatas pada teknologi 3G, maka kita tidak akan bisa memanfaatkan jaringan 4G secara maksimal. (Vita)

One thought on “Penyebab Koneksi Internet Smartphone Lemah

  1. Pingback: Aplikasi Dramania Untuk Para Pecinta Film Asia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE