Peralatan Snorkeling yang Tidak Boleh Ketinggalan

Berwisata ke pantai, siapa yang tidak suka? Kegiatan berwisata ini pasti akan sangat menyenangkan, apalagi pantai mempunyai keindahan terumbu karang yang tiada duanya seperti Bunaken. Selain berenang di sekitar pantai, melakukan kegiatan seperti snorkeling. Kegiatan bermain snorkeling juga bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, snorkeling merupakan kegiatan menyelam di atas permukaan atau yang sering disebut dengan selam dangkal. Peralatan snorkeling yang harus ada seperti masker selam, kaki katak serta snorkel. Kegiatan snorkeling ini dapat dilakukan olah semua orang, bahkan bagi Anda yang belum dapat berenang. Anda dapat menggunakan baju pelampung.

peralatan snorkeling

Kegiatan snorkeling begitu menyenangkan bila dilakukan bersama dengan teman atau bersama-sama dengan kelompok, sangat tidak disarankan melakukan kegiatan snorkeling sendirian. Tetapi, melakukan snorkeling dituntut untuk menguasai pernapasan dengan mulut. Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa mempelajari dengan waktu yang singkat. Selain itu, biasanya pemandu selam juga mengajarkan alat untuk kegiatan snorkeling ini.

Apakah Anda sudah mengetahui apa saja peralatan snorkeling? Pertama, masker. Masker digunakan untuk melindungi sebagian wajah, lebih-lebih di bagian mata sehingga tidak akan terasa perih terkena air laut asin, selain itu masker juga digunakan untuk melindungi bagian mata agar tidak perih air laut, bahkan masker juga digunakan untuk melindungi hidung sehingga tidak kemasukan air. Dengan menggunakan masker, kiat bisa melihat objek lebih jelas ketika melakukan snorkeling. Bagian lensa pada masker dibuat dari kaca pengaman sementara kerangka masker dibuat dari silikon serta bagian sisi masker terdapat tempat pemasangan snorkel. Berbagai macam penjual menyediakan berbagai macam ukuran, termasuk untuk anak-anak atau pun wanita. namun, sebelum melakukan pemilihan, Anda harus bisa memilih pas di wajah sehingga air tidak akan masuk dalam masker.

Kedua, snorkel. Alat ini adalah pipa sederhana yang digunakan untuk bernapas selama dalam kegiatan snorkeling ini berlangsung. Dengan menggunakan bantuan snorkel ini, kita dapat dengan bebas menikmati indahnya objek laut tanpa mengambil napas ke permukaan. Snorkel terdiri atas dua bagian yakni selang yang tidak terlalu panjang serta pelindung mulut. Lebih baik Anda memilih selang yang tidak terlampau panjang karena memperbesar kemungkinan penyelam dapat menghisap karbon dioksida yang berada di dalam selang. Sebagai pelindung mulut, dibuat silikon karet yang terdiri atas penutup dengan bentuk lengkungan serta bagian dalam yang digigit.

Ketiga, kaki katak. Kaki katak mempunyai bentuk sepatu selaput seperti kaki kata. Alat ini digunakan untuk menambah mobilitas kita di dalam air saat melakukan kegiatan snorkeling. Walaupun bisa juga tidak mempergunakan kaki katak, namun lebih baik Anda menggunakannya untuk menambah daya dorong saat berenang.

Saat melakukan snorkeling untuk melengkapi liburan saja, mungkin kita bisa menyewa peralatan snorkeling, namun jika ingin melakukan kegiatan snorkeling ini sebagai hobi, pasti kita harus membeli sendiri. Ada beberapa tips untuk mengemas alat-alat dari snorkeling sehingga tidak akan ribet ketika mengemasnya, antara lain:

  • Bila masker Anda dilengkapi dengan lensa untuk membantu penglihatan, pastikan kemas di tas jinjing, jangan sampai Anda kehilangan perlengkapan tersebut,
  • Lindungi masker agar tidak pecah atau tergores. Bungkus dengan lapisan kain atau letakkan di pelindung dengan plastik keras,
  • Bila Anda traveling dengan menggunakan tas ransel, buat bingkai pelindung menggunakan sepatu atau kaki katak. Susun di tiap ujung dengan menggunakan telapak,

Gunakan rung dengan sebaik mungkin, seperti mengemas kaus kaki di masker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE