Perbedaan Shared Workspace dan Coworking Space

shared office vs coworking spaceMeskipun sewa kantor Jakarta tergolong lebih mudah dibandingkan dengan sewa kantor di kota besar lainnya, namun penyewaan kantor ternyata memiliki dua tipe, yaitu Shared Office dan Coworking Space yang terkadang masih banyak dibingungkan perbedaannya. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai perbedaan dan persamaan keduanya.

Coworking Space pada umumnya ideal untuk bisnis start-up dan para enterprise yang membutuhkan suasana baru untuk bekerja selain dirumah. Rata – rata member dari coworking space adalah para freelancer yang belum atau tidak terikat oleh perusahaan manapun. Keuntungan dari space tipe ini adalah biaya membership nya yang tergolong cukup terjangkau per tahunnya bagi para membernya. Selain itu, coworking space juga cocok untuk lokasi berbagi ilmu di dalam komunitas, kolaborasi, dan atmosfir nya yang dinamis memberikan inspirasi dan hawa produktif.

Coworking Space menyediakan WiFi dan meja yang bersih untuk membernya. Selain itu beberapa coworking space juga memberikan snack dan minuman secara Cuma – Cuma bagi membernya, atau memberikan pantry yang bisa digunakan oleh semua membernya. Bagi para freelancer, para pekerja yang dapat melakukan pekerjaannya secara remote, dan traveller yang memiliki bisnis kecil, coworking space adalah tempat yang ideal.

Shared workspace berbeda dengan coworking space dalam faktor pengguna dan pada umumnya lebih digunakan oleh bisnis yang sudah berjalan stabil dan bukan untuk start-up, mengingat biaya sewa yang tergolong cukup mahal. Namun harga sewa tersebut setingkat dengan fasilitas yang disediakan.

Pada umumnya shared workspace memiliki fasilitas yang lebih banyak dan lebih lengkap dibandingkan dengan coworking space. Layaknya kantor pada umumnya, shared workspace memiliki fasilitas seperti mesin fax, mesin fotokopi, peralatan audio visual, dan juga furnitur yang memberi aksen profesionalitas.

Namun jika anda membutuhkan ruang privat untuk bertemu dengan klien anda, atau bisnis anda telah berkembang menjadi bisnis yang lebih stabil, maka ada baiknya jika anda menjadi member dari shared workspace saja. Selain lebih tertutup, fasilitas yang ditawarkan oleh shared workspace hampir sama lengkap dengan office pada umumnya, dan dengan aksen profesionalitas akan lebih menarik di mata klien anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE