Perbedaan Yoga dan Pilates

yoga dan pilatesBagi Anda yang secara rutin selalu melakukan kegiatan untuk merawat kebugaran tubuh dan kecantikan wajah, menggunakan produk pembersih kulit wajah terbaik dan juga berolahraga menjadi sebuah kebutuhan. Agar bentuk tubuh semakin terjaga pun, Anda sering melakukan yoga untuk mendapatkannya. Nah, selain yoga, ada pula kegiatan berolahraga yang bernama pilates. Saat Anda mencari serba-serbi yoga di Google pun, suggestion search dari kata kunci “yoga” adalah “pilates”. Hmm, apa ya hubungan antara yoga dan pilates? Nah untuk itu, simak penjelasan untuk kedua jenis olahraga tersebut berikut ini.

Yoga

Yoga identik dengan sesuatu yang sifatnya menyeluruh dan relaksasi. Yoga membuat Anda untuk mencapai tingkat ketenangan dalam diri dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang diwajibkan secara statis. Tentunya, kegiatan yang dilakukan pun bukan sekadar kegiatan, tetapi sudah diselaraskan dengan efek yang ingin dicapai. Segala sesuatunya harus dilakukan dengan teratur seperti pernapasan, bentuk tubuh, ketenangan batin, hingga postur tubuh ketika melakukan gerakan. Semua itu dilakukan untuk mencapai harmonisasi tubuh, pikiran, dan spiritual. Anda akan diajarkan bagaimana caranya fokus pada satu titik dan mengontrol emosi serta fisik. Yoga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mencapai ketenangan pikiran. Yoga akan membantu Anda untuk melepaskan stress dan melatih Anda agar tidak mudah panik.2

Pilates

Joseph Pilates pertama kali memperkenalkan olahraga pilates pada tahun 1920. Pilates dulunya adalah latihan yang sengaja diciptakan oleh laki-laki asal Jerman ini untuk memulihkan kesehatan para tentara yang terluka saat Perang Dunia 1. Gerakannya agak mirip dengan gerakan tari yang mementingkan keselarasan ritme tubuh. Latihannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita. Meski terlihat ringan seolah sedang menari, pilates membutuhkan pengendalian pernapasan. Biasanya, pilates berfungsi untuk pengencangan dan pembentukan tubuh. Oleh sebab itu, latihan pilates menuntut Anda untuk terus bergerak sehingga otot-otot tubuh Anda terlatih.

Lalu apa bedanya antara Yoga dan Pilates? Yoga memiliki konten latihan yang statis untuk mencapai ketenangan pikiran dan relaksasi sementara Pilates memiliki konten latihan yang dinamis dan berfungsi untuk membentuk tubuh. Mana yang paling baik, tentunya kembali lagi pada kebutuhan masing-masing dari Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE