Perhatikan Hal Ini, Saat Menggunakan Genset!

Genset atau generator listrik merupakan salah satu alat industri yang memberikan manfaat besar ketika adanya pemadaman listrik. Dengan menggunakan genset, maka kita pun tidak akan khawatir lagi jika tiba-tiba listrik padam. Kenapa? Yaa, hal ini dikarenakan genset memberikan penerangan menggantikan listrik yang padam. Bagi rumah yang sering kena dampak mati lampu, genset menjadi alat yang wajib ada di rumah karena fungsinya ini. Meskipun begitu, tapi ada kalanya genset malahan memberikan resiko yang cukup besar kepada penggunanya. Kok bisa? Ini disebabkan oleh adanya kesalahan yang dibuat saat menggunakan alat yang satu ini.

Genset Diesel Krisbow

Nah, agar tidak terjadi kesalahan, dan selalu aman saat menggunakan genset, maka terlebih dahulu kita harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Langsung saja disimak:

  1. Jangan Menghubungkan Genset Langsung ke Kabel Listrik

Ketika menggunakan genset, alangkah baiknya Anda tidak menghubungkan genset secara langsung ke kabel listrik. Mengapa? Jika ada hubungan langsung antara genset dan kabel listrik hanya akan menyebabkan resiko besar kepada Anda. Tidak menutup kemungkinan genset dapat mematikan Anda. Dan juga, akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal pada genset dan listrik Anda. Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan yaitu mengistal saklar transfer. Dengan menginstal saklar transfer, maka tidak akan menyebabkan rusak parah pada genset.

  1. Jangan Menggunakan Genset di Ruangan Maupun Garasi Mobil

Pada saat menggunakan genset, sebaiknya janganlah digunakan di dalam ruangan maupun garasi mobil. Penggunaan genset di dalam ruangan maupun garasi mobil hanya akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada genset, bahkan terkadang bisa menyebabkan kebakaran. Kenapa bisa terjadi hal ini? Yaa, Ini disebabkan oleh memancarkan karbonmonoksida di udara yang menyebabkan kebakaran. Nah, untuk mengatasinya alangkah baiknya genset di letakkan di luar ruangan dan lebih sejuk.

  1. Menggunakan Kabel Listrik yang Tepat

Ketika menggunakan genset untuk memberikan penerangan, maka sebaiknya gunakan kabel listrik yang tepat. Jika menggunakan kabel listrik yang tidak tepat hanya akan menyebabkan timbulnya kerusakan bahkan kebakaran pada genset.

  1. Selalu Membaca Petunjuk Penggunaan

Selalu membaca petunjuk penggunaan genset, tentu akan memberikan banyak manfaat pada Anda. Anda pun akan terhindar dari yang namanya kebakaran pada genset. Dan juga, tidak akan terjadi kerusakan pada saat menggunakan genset.

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan genset. Semoga Bermanfaat! –SH–

One thought on “Perhatikan Hal Ini, Saat Menggunakan Genset!

  1. Pingback: Membuat Kreasi Kayu Sendiri di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE