Perhatikan Hal ini Saat Menggunakan Water Heater

Menggunakan Water Heater (WH) sudah menjadi hal yang umum, terutama bagi masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan dengan tingkat aktifitas yang tinggi. Dengan menggunakan water heater maka mereka tidak perlu lagi memasak air setiap kali ingin mandi dengan air hangat. Namun masih banyak juga orang yang tidak mau menggunakan alat ini dengan beberapa alasan. Ada yang merasa takut terjadi sesuatu jika alat ini tidak bekerja dengan normal, tagihan listrik yang membengkak, atau repot mengurus jika terjadi kerusakan.

jenis pemanas airBerbagai alasan tersebut sebenarnya bisa diatasi jika memang ingin menggunakan WH. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin menggunakan WH:

• Pilih WH sesuai kebutuhan
Sebelum memutuskan untuk membeli WH, ada baiknya kita memikirkan terlebih dahulu penggunaan WH seperti apa yang kita inginkan. Jika memang hanya untuk digunakan oleh sedikit orang, akan lebih hemat jika menggunakan WH jenis tankless. Namun jika WH akan digunakan oleh banyak orang maka pilihlah WH dengan tangki, namun dengan resiko biaya yang dibutuhkan akan lebih besar, karena WH akan terus menggunakan listrik ataupun gas untuk menjaga suhu dalam tangki agar tetap terjaga.

• Perhatikan pemasangannya
Saat proses pemasangan perhatikan dan pastikan bahwa pemasangan dilakukan oleh orang yang profesional. Terutama pada pemasangan yang ditanam dalam dinding, ini sangat penting untuk diperhatikan. Pemasangan yang ditanam dalam dinding biasanya terjadi pada rumah yang baru dibangun. Jangan sampai terjadi kebocoran, baik kebocoran gas (pada WH gas) yang pastinya akan sangat berbahaya maupun kebocoran air yang dapat menyebabkan dinding menjadi lembab. Bagi pengguna yang ingin lebih hemat bisa menggunakan solar water heater saat mempersiapkan rumah untuk musim kemarau, dengan menggunakan WH jenis ini akan lebih hemat karena sumber panas didapatkan dari cahaya matahari. Pemasangan alat ini juga tetap harus diperhatikan, dari mulai lokasi peletakkan dan sudut kemiringan, karena akan berpengaruh pada efektifitas kerja alat ini.

• Baca buku petunjuk pemakaian
Setelah semua proses pemasangan selesai dan WH siap digunakan, baca buku petunjuk pemakaian agar jangan sampai salah dalam menggunakan alat ini. Dengan begitu akan terhindar dari kerusakan akibat kesalahan pemakaian. Selain itu dengan mengikuti petunjuk, pemakaian alat ini akan lebih aman.

• Jaga kebersihan alat
Kebersihan alat harus terus dijaga, pastikan air yang masuk kedalam tabung adalah air bersih yang tidak mengandung kerikil kecil dan kapur. Jika air yang masuk kedalam alat ini tidak bersih, dapat menghambat aliran air dan bahkan menyebabkan kerusakan. Sebaiknya pasang saringan air sebelum air masuk kedalam alat ini.

One thought on “Perhatikan Hal ini Saat Menggunakan Water Heater

  1. Pingback: Cara Memelihara Water Heater

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE