Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Hunian Baru

Ketika Anda sudah memiliki cukup uang untuk membeli rumah, biasanya Anda akan dengan gesit mencari-cari bangunan dalam barisan properti Indonesia yang bisa dijadikan sebagai pilihan hunian yang tepat. Banyaknya pilihan bangunan yang bisa ditempati membuat Anda pun kebingungan untuk memilihnya. Satu hal yang patut diingat, jangan pernah terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk membeli rumah. Sebab, ketergesa-gesaan adalah akar dari segala hal yang tidak baik.

Tips Membeli Rumah

Membeli rumah harus didasari dengan pertimbangan yang matang dan juga tindak tanduk yang sudah diperhitungkan. Untuk itu, simak beberapa hal di bawah ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah rumah sebagai hunian Anda,

  1. Jangan tergiur dengan harga murah sebelum mengecek apa yang akan Anda dapatkan. Sebagai pembeli baru, Anda akan dengan mudah terjerumus ke dalam permainan harga yang ditawarkan oleh pihak developer. Ingat, sekarang ini para pengembang properti tengah berlomba-lomba untuk menarik minat konsumen agar mau membeli bangunan dalam bisnisnya sehingga tidak mengherankan jika harga yang ditawarkan kadang sangatlah murah. Patut Anda sadari, dibalik harga yang murah pastinya ada sesuatu yang janggal dan tidak pada tempatnya. Alih-alih berpatokan pada harga, lebih baik pertimbangkan lokasi hunian, fasilitas yang Anda dapatkan, dan juga sepak terjang pengembang di dunia bisnis properti. Hal ini penting agar Anda tidak merasa tertipu setelah mengeluarkan sejumlah uang. Penting juga untuk melihat struktur bangunan dan kekuatannya sebelum membeli hunian.
  2. Perhatikan surat-surat. Kalau Anda masih sangat awam dengan dunia surat-surat dan legalitasnya, tidak ada salahnya meminta bantuan dari notaris untuk mendampingi Anda. Hal ini penting sebab surat-surat akan berdampak dengan keberlangsungan hidup Anda dan bangunan tersebut di masa depan. Selidiki dulu apakah tanah yang Anda tempati bebas sengketa? Dan lagi, cek keaslian surat dan juga kelengkapannya sebelum melakukan deal.
  3. Negoisasi dengan pihak pengembang. Jika Anda akan membayar hunian tersebut secara tunai, cobalah untuk bernegoisasi dengan pihak developer untuk meminta potongan harga. Sebab, biasanya ada keuntungan yang bisa diraih oleh konsumen yang membeli secara tunai. (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE