Perhatikan Ini Saat Belajar Menyetir Mobil Sendiri

Banyak orang yang memiliki kendaraan dan sudah dilengkapi dengan Asuransi Mobil All Risk, tidak bisa menikmati kendaraannya tersebut tanpa orang lain. Alasannya? Karena pemilik kendaraan tersebut tidak mampu mengendarai mobilnya, atau dengan kata lain belum bisa menyetir. Akibatnya, mobilnya jadi menganggur begitu saja di garasi ketika tidak ada orang lain yang bisa membantu menyetir.

Belajar Nyetir Mobil

Kamu nggak mau dong hal tersebut terjadi padamu? Masa iya, sudah beli mobil mahal dan bagus, tapi jadi barang pajangan di garasi karena kamu tidak bisa menyetir? Untuk itulah, cobalah untuk meluangkan waktumu belajar menyetir mobil. Kamu bisa belajar dengan bantuan sekolah menyetir, atau jika ada orang yang bisa mengajarkanmu kamu juga bisa meminta bantuannya. Jika kamu memilih belajar di sekolah menyetir, mungkin semuanya akan aman selama kamu mendengarkan instruksi dari instrukturmu. Akan tetapi, jika kamu belajar menyetir dengan kerabatmu sebagai instrukturnya, maka ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Teori

Hal pertama yang harus kamu pahami adalah teori. Memang, pada saat prakteknya nanti akan ada beberapa hal yang perlu penyesuaian dan tidak sesuai teori, akan tetapi bukan berarti kamu tidak mempelajarinya sama sekali. Misalnya, kamu belajar menyetir mobil matic, setidaknya kamu harus paham mengenai fungsi setiap gigi. Begitu pula dengan mobil manual, kamu setidaknya mengerti kapan harus mengganti gigi dan bagaimana proses menggantinya. Selain itu, memahami setiap tuas dan instrumen pada mobil juga penting.

  • Lokasi

Perhatikan lokasimu belajar, apalagi jika kamu benar-benar baru mulai. Sebaiknya, carilah lapangan terbuka yang bolleh digunakan untuk latihan menyetir. Jika tidak ada, kamu bisa memanfaatkan tempat parkir yang berukuran sangat luas namun sepi. Tidak ada salahnya jika kamu harus membayar parkir, anggap saja itu biaya latihanmu. Jika kamu sudah mulai lancar, barulah coba untuk menyetir di jalan. Mulailah dengan area jalan yang cukup sepi dan luas, lalu mulailah meningkatkan kesulitannya dengan secara perlahan memilih area jalan yang sempit.

  • Waktu

Jika kamu sudah mulai latihan di jalan raya atau jalan umum, perhatikan baik-baik waktumu belajar. Pilihlah waktu dimana orang-orang tidak sedang terburu-buru, misalnya ketika jam tanggung. Hindari belajar menyetir saat pagi hari atau sore hari ketika jam orang sedang berangkat atau pulang kerja. Sebab, latihanmu ini bisa mengganggu orang sekitar dan menyebabkan kemacetan.

Jangan takut menyetir mobil, karena kegiatan ini sebenarnya menyenangkan. Sebab, kamu jadi bebas untuk pergi kemanapun tanpa merepotkan orang di sekitarmu. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE