Perhatikan Ini Sebelum Membeli Asuransi Mobil

Membeli asuransi mobil kepada pihak asuransi memang mudah dilakukan. Hanya saja, saat pembelian asuransi ini, ada baiknya Anda memerhatikan berbagai hal terlebih dahulu. Mengapa? Sebab, apabila Anda salah dalam pembelian asuransi untuk kendaraan ini, nantinya malah dapat merugikan Anda di kemudian hari. Seperti contohnya, jika mobil Anda mengalami kerusakan, akan tetapi kerusakan itu tidak masuk dalam polis asuransi maka besar kemungkinan perusahaan asuransi tidak akan menanggung biaya untuk perbaikan.

Beli Asuransi Mobil

Untuk itu, perhatikan dulu hal penting berikut ketika membeli asuransi. Apa sajakah itu? Yuks, lihat daftarnya disini;

  1. Perlindungan yang ingin diambil. Dalam asuransi mobil ini terdapat dua perlindungan yang bisa diambil oleh para nasabahnya, yakni Total Loss Only (TLO) dan Comprehensive/All Risk. Dimana, kedua asuransi ini memiliki perbedaan, yaitu:
  • Total Loss Only (TLO), adalah salah satu perlindungan di asuransi mobil yang akan dijamin oleh perusahaan asuransi, yang mana tanggungannya mencapai angka 75 % lebih. Meskipun demikian, untuk pembayarannya sendiri asuransi ini lebih mahal dibandingkan dengan Comprehensive.
  • Comprehensive/All Risk, merupakan perlindungan asuransi untuk kendaraan yang menanggung kerusakan baik berat, ringan, bahkan kehilangan. Namun, untuk harganya perlindungan comprehensive ini lebih murah daripada TLO.
  1. Lihat usia kendaraan Anda. Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi untuk kendaraan Anda, baiknya lihat dulu berapa usia kendaraan Anda. Semakin lama usia kendaraan, maka pembayaran untuk polis pun akan semakin berkurang. Namun, terdapat batasan usia yang harus dilihat, yang mana untuk perlindungan comprehensive batasan usianya maksimal selama 10 tahun sedangkan TLO maksimal 15 tahun.
  2. Keuntungan yang didapat. Saat berniat untuk membuat asuransi mobil ini, sebisa mungkin Anda melihat seberapa besar keuntungan yang diberikan oleh produk asuransi satu ini. Biasanya, setiap perusahaan asuransi akan memberikan keuntungan yang berbeda. Pastikan, Anda memilih yang memang sesuai dengan keinginan Anda.
  3. Lihat tambahan perlindungan yang diberikan. Selain itu, Anda pun penting melihat apa sajakah tambahan perlindungan tanggungan yang dijamin oleh perusahaan asuransi. Untuk jenis tanggungan tersebut berupa kerusakan akibat tsunami, gempa bumi, banjir, dan sebagainya.

Tidak cukup sampai disitu, saat pembelian asuransi mobil ini Anda pun penting memerhatikan reputasi dari perusahaan asuransi, bengkel mana saja yang menjadi rekan pihak asuransi, apa saja risiko yang ditanggung, dan sebagainya. Semoga bermanfaat! –SH–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE