Perkecil Risiko Penyakit Jantung Dengan Kegiatan Sederhana

American Heart Association atau asosiasi dokter spesialis jantung di Amerika telah menyatakan bahwa perempuan di atas usia 25 tahun memiliki risiko terkena penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya yang bisa membunuh secara tiba-tiba. Saking berbahayanya penyakit ini, banyak pihak yang berusaha menekan angka kematian akibat penyakit jantung dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan melakukan kegiatan sederhana yang bermanfaat. Untuk para perempuan, kegiatan di bawah ini bisa Anda lakukan untuk memperkecil risiko terkena penyakit jantung:

  • hidup sehat bahagiaPeriksa tekanan darah secara rutin. Penyakit jantung adalah silent killer yang bisa membunuh Anda secara perlahan-lahan. Untuk itu, sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada Anda, lebih baik Anda memeriksakan tekanan darah Anda dengan tensi darah.
  • Olahraga teratur. Perkuat otot jantung Anda dengan olahraga secara teratur seperti berlari atau bahkan berjalan cepat. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Sisakan waktu untuk olahraga setiap minggunya selama beberapa jam.
  • Periksa indeks massa tubuh. Tahukah Anda bahwa perempuan yang memiliki indeks masa tubuh berlebih memiliki risiko untuk terjangkit penyakit jantung lebih besar dari perempuan berberat badan normal? Untuk itu, rajinlah menimbang berat badan Anda. Jika Anda sudah mengalami obesitas maka kurangi berat badan sedikit demi sedikit demi kesehatan Anda.
  • Periksa kolesterol. Kadar kolesterol Anda bisa mempengaruhi seberapa besar risiko Anda untuk terjangkit penyakit jantung. Atur pola diet sehat dan seimbang dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Kurangi makan daging karena mengandung kolesterol tinggi.
  • Berhenti merokok dan kurangi konsumsi alkohol. Anda tidak pernah tahu betapa berbahayanya rokok dan alkohol untuk tubuh Anda. Asap rokok yang Anda hirup merupakan pangkal berbahaya dari penyakit jantung koroner.
  • Hindari perasaan stress dan gelisah karena bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh Anda. Perasaan yang tenang dan tidak terbebani apa pun membuat Anda rileks dan tenang.

Jantung sehat dimulai dari hidup yang sehat dan bahagia 😀 (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE