Perlengkapan Bayi dan Anak Harus di Jaga!

Perlengkapan BayiAnak merupakan harta yang tidak ternilai harganya, terutama bagi orang tua yang baru saja memiliki anak yang baru lahir. Bayi masih sangat rentan terhadap penyakit, sehingga penting bagi orang tua untuk selalu memperhatikan segala sesuatu yang berhubungan dengan bayi anda, termasuk perlengkapan bayi anda.

Perlengkapan bayi yang juga sangat penting untuk diperhatikan kebersihannya yaitu seluruh alat makannya, termasuk sendok, piring, dot. Beberapa tips untuk menjaga kebersihan perlengkapan makan dan minum bayi yaitu:

  1. Menggunakan peralatan makan yang tidak terlalu banyak membentuk siku atau celah-celah kecil yang akan sulit untuk dibersihkan. Sisa-sisa makanan yang tertinggal pada celah tersebut akan menimbulkan bakteri dan bisa menyebabkan penyakit pada bayi.
  2. Pisahkan semua bagian botol, dan bersihkan dengan sikat khusus pencuci botol serta perlengkapan bayi lainnya.
  3. Setelah botol sudah di pastikan bersih, rebus botol dalam air yangtelah di didihkan terlebih dahulu. Gunakan air mineral yang telah didihkan untuk merendam botol susu, dan angkat botol susu sebelum air nya kembali menjadi dingin.
  4. Tidak menyimpan makanan bayi yang telah dibuat lebih dari 1 jam dalam suhu normal. Makanan bayi yang telah dibuat dan di simpan terlalu lama akan menimbulkan bakteri, dan mungkin untuk beberapa jenis makanan yang akan menempel pada tempat makan sehingga sulit untuk dibersihkan. Terutama untuk makanan yang sudah dimakan oleh bayi, karna ada kemungkinan akan bercampur dengan air liurnya sehingga akan menimbulkan bakteri.
  5. Gunakan sabun pencuci piring khusus untuk bayi, biasanya tidak terlalu mengandung banyak busa pada saat mencuci perlengkapan bayi lainnya.
  6. Bersihkan peralatan makan bayi dengan benar, sehingga semua sisa makanan tidak ada lagi yang menempel, dan keringkan sebelum di simpan di tempat yang tertutup.
  7. Pastikan menjaga kebersihan tempat penyimpanan semua peralatan makan bayi agar peralatan makan bayi yang telah dibersihkan tidak mengandung kuman lagi karna tempat penyimpanannya yang tidak terjaga kebersihannya.

Pemilihan yang tepat untuk perlengkapan bayi atau anak sebaiknya haruslah tepat bukan hanya karena mahal lantas kita langsung beli melainkan di perhatikan kebutuhan dari bunda dulu yah :). Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda. Yv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE