Persaingan Usaha Logistik di Indonesia

Seiring perkembangan zaman, konsumsi internet dunia semakin meningkat. Bahkan, di Indonesia pun pengguna Internet terus meningkat setiap harinya, meskipun kecepatan koneksi nya masih jauh di bawah koneksi standar dunia. Seiring dengan meningkatnya tingkat konsumsi internet, maka meningkat pula aktifitas jual-beli online, yang secara otomatis berimbas pada meningkatnya omzet jasa pengiriman express, dari pengiriman lokal, interlokal, hingga pengiriman internasional.

Bisnis Logistik

Pada taraf lokal, jasa pengiriman barang semakin bertambah variasinya. Banyak perusahaan yang mencoba masuk ke pasar logistik, mulai dari perusahaan baru hingga perusahaan besar yang memulai usaha baru di bidang logistik. Namun, dari sekian banyak perusahaan jasa pengiriman barang lokal, hanya sedikit yang mampu memperluas usahanya hingga tingkat internasional. Hal ini bisa disebabkan karena sebagian besar jasa pengiriman barang lokal masih belum stabil pelayanannya, itupun masih dalam taraf lokal. Tidak sedikit yang sering mendapat komplain atas keterlambatan, gagal menemukan alamat penerima, hingga hilangnya barang, dan terdapat juga masalah-masalah administratif. Selama masalah ini belum dapat teratasi dengan baik, tentunya akan menghambat keinginan perusahaan untuk memperluas pasarnya hingga ke tingkat internasional. Kondisi ini semakin diperparah dengan respon kurang baik dari bisnis logistik dalam menghadapi komplain konsumen. Tentunya ini akan membuat perusahaan menjadi sulit mendapatkan kepercayaan konsumen.

Sampai saat ini, masyarakat masih sulit menemukan perusahaan lokal yang melayani pengiriman internasional dengan jaminan kepuasan. Meskipun sebenarnya sudah ada beberapa perusahaan logistik lokal yang sudah berusaha untuk memperluas pasar mereka hingga tingkat internasional, namun belum benar-benar berhasil bersaing dengan perusahaan lain yang lebih dulu menguasai pasar internasional.

Sementara itu, banyaknya perusahaan asing yang mencoba masuk ke Indonesia dan bersaing dengan perusahaan logistik lokal membuat persaingan perusahaan logistik di Indonesia sendiri semakin ketat. Pesaing bertaraf internasional ini sudah lebih berpengalaman dan memiliki fasilitas serta cabang yang lebih banyak dan lengkap dibanding perusahaan lokal. Namun dalam beberapa hal, para perusahaan internasional ini masih dikalahkan oleh perusahaan logistik lokal, seperti dalam hal tarif, selain itu, mereka lebih memahami bagaimana kondisi dan sifat pasar lokal. (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE