Persiapkan Dengan Baik Sebelum Mengendarai Kendaraan Jarak Jauh

Kalau bisa ditempuh dengan menggunakan mobil, banyak orang yang merasa lebih nyaman jika bepergian dengan mobil. Meskipun nantinya harus menempuh perjalanan panjang yang melelahkan, namun tetap saja mengendarai mobil sendiri menjadi pilihan beberapa orang. Apa Anda termasuk salah satunya? Hal tersebut bukan masalah, selama Anda mempersiapkan semuanya dengan baik sebelum memulai perjalanan, misalnya dengan menggunakan asuransi perjalanan.

Cek Mobil

Selain asuransi, ada banyak persiapan lain yang juga tidak kalah penting, baik maupun persiapan untuk Anda sendiri, yaitu:

  • Kendaraan

Hal pertama yang harus Anda persiapkan tentunya kendaraan. Lakukan pengecekan mesin dan berbagai komponen mobil lain, pastikan bahwa semuanya masih bekerja dengan normal. Hal ini sangat penting agar perjalanan Anda dapat berjalan lancar. Sebab seperti apapun Anda mempersiapkan perjalanan, jika tiba-tiba mesin bermasalah dan tidak mau menyala tentunya akan menghambat perjalanan. Apalagi beberapa komponen mobil bisa memengaruhi keselamatan berkendara, misalnya seperti rem, ban, wipper, dan lampu.

  • Bekal

Persiapkan bekal yang cukup selama perjalanan, baik itu makanan maupun uang. Jangan terlalu berharap untuk mencari rumah makan karena Anda belum tahu bagaimana kondisi perjalanan, khususnya jika ini adalah perjalanan pertama Anda ke sana. Termasuk juga mengandalkan ATM untuk mengambil uang. Anda tidak perlu membawa uang dalam jumlah terlalu banyak, secukupnya saja namun jangan lupa untuk memperhitungkan juga uang dalam kondisi darurat.

  • Fisik

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya atur waktu istirahat Anda agar saat perjalanan Anda dalam kondisi sehat. Sebab kondisi tidak sehat akan membuat perjalanan terasa tidak nyaman dan juga berbahaya. Jika Anda tidak terbiasa menyetir dalam jarak jauh, sebaiknya carilah teman yang bisa diajak melakukan perjalanan bersama Anda. Sehingga Anda bisa bergantian menyetir.

  • Hiburan

Anda tidak tahu apakah akan bertemu kemacetan panjang atau tidak. Selain itu, perjalanan panjang bisa jadi akan membuat Anda merasa bosan. Untuk mengatasinya, persiapkan hiburan seperti musik, film, atau buku. Tapi ingat ya, khusus untuk film dan buku, Anda boleh menikmatinya ketika sedang berhenti untuk beristirahat.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu Anda menghadapi perjalanan panjang nanti ya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE