Pertimbangan Saat Akan Membeli Rumah

Semua orang pasti membutuhkan properti Indonesia untuk tempat tinggalnya. Baik berukuran kecil, sedang ataupun besar, tidak menjadi masalah, yang penting mereka memiliki rumah untuk menjadi tempat tinggalnya. Karena biasanya, seseorang akan membeli sesuai dengan yang mereka butuhkan dan kemampuan mereka. Dan tentunya, kebutuhan setiap orang pasti berbeda, karena itulah meskipun banyak sekali jumlah developer properti Indonesia, tetap saja mereka akan selalu menemukan pembeli.

Membeli Rumah

Lalu, apa saja sih yang menjadi faktor penentu saat seseorang akan membeli rumah ?

Lokasi

Saat akan membeli rumah, pasti kita sudah memikirkan lokasi mana saja yang kira-kira cocok dengan kita. Setelah menentukan lokasi, barulah kita akan mencari rumah yang dijual di lokasi tersebut. Baik mencari via Internet, maupun langsung mendatangi lokasi dan mencari rumah yang memasang tanda dijual. Lokasi yang biasanya disukai oleh orang tentulah berbeda, ada yang senang dengan lokasi yang dekat dengan berbagai fasilitas umum, namun ada juga yang memilih lokasi yang jauh dari pusat keramaian. Yang jelas, pada umumnya orang akan menghindari lokasi yang rawan bencana, seperti banjir.

Luas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, luas rumah yang dibutuhkan oleh setiap orang akan berbeda. Ada yang membutuhkan luas cukup besar, namun ada yang memang sengaja mencari rumah dengan luas tidak terlalu besar. Yang mempengaruhi kebutuhan luas ini yaitu, kesukaan, jumlah anggota keluarga, danjumlah barang yang dimiliki (biasanya ini berlaku untuk seseorang yang akan pindah rumah dan sudah memiliki furniture dan barang lain sebelumnya). Mengenai kesukaan, ini agak sulit dijelaskan alasannya, karena ini terkait dengan kenyamanan seseorang. Terkadang, meskipun orang tersebut hanya tinggal sendirian atau berdua bersama pasangannya, namun tetap saja mereka lebih menyukai rumah berukuran luas. Meskipun mungkin bagi orang lain, hal ini akan membuat rumah terlihat kosong dan sepi, namun mereka nyaman dengan kondisi tersebut. Sementara, untuk jumlah anggota keluarga dan jumlah barang yang dimiliki, sudah jelas kan. Semakin banyak anggota keluarga atau barang yang dimiliki, maka semakin luas pula rumah yang dibutuhkan.

Lingkungan

Orang yang tidak suka bersosialisasi dengan tetangganya, pasti tidak akan senang jika tinggal tinggal di lokasi yang warganya cukup aktif dengan berbagai kegiatan. Sementara, orang yang senang bersosialisasi akan merasa tidak nyaman di lingkungan yang penuh dengan individualisme dan cenderung tidak mau tahu dengan urusan tetangganya.

Selain itu, membeli rumah baru atau rumah second juga menjadi hal yang dipertimbangkan. Dengan mempertimbangkan berbagai hal tersebut, diharapkan seseorang tidak akan merasa menyesal setelah melakukan transaksi jual beli rumah, karena merasa rumah yang dibelinya tidak sesuai dengan harapan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE