Pertimbangkan Hal Ini Ketika Membeli Rumah

Pertimbangan Ketika Membeli RumahWe all know that buying your first home is a huge step. Tidak ada yang mudah jika kita memutuskan untuk membeli sebuah properti Indonesia, terutama sebuah rumah. Jika selama ini kita sudah terbuai dengan kenyamanan apartemen yang kita sewa sebagai hunian, kini sudah saatnya untuk membeli sebuah rumah sebagai tempat tinggal permanen.

Membeli rumah tidak bisa dibandingkan dengan membeli mobil di mana kita tinggal membayarkan sejumlah uang dan mobil bisa dibawa pulang. Membeli rumah membutuhkan pemikiran yang lebih matang daripada itu. Untuk itulah, kita perlu memikirkan beberapa hal sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah.

  1. Apakah kita sudah siap untuk menjadi pemilik rumah? Inilah pertanyaan yang harus kita pikirkan pertama kali sebelum mengeluarkan uang untuk mencicil rumah. Cobalah jawab pertanyaan ini sejujur-jujurnya untuk mengetahui bagaimana kesiapan hati kita untuk memiliki properti.
  2. Dana bulanan untuk membayar cicilan rumah. Patut diingat, dana yang harus dikeluarkan untuk membeli rumah sangatlah besar. Cicilan untuk melunasi rumah pun tak kalah besarnya jika kita ingin melunasinya dalam hitungan tahun saja. Untuk itu, cobalah untuk mengingat-ingat apa saja pengeluaran kita secara rutin tiap bulan mulai dari pembayaran kartu kredit, cicilan mobil, dan biaya hidup kita selama sebulan. Adakah dana yang tersisa untuk membayar cicilan rumah?
  3. Pekerjaan tetap dan pendapatan stabil? Cicilan rumah merupakan cicilan jangka panjang. Pastikan kalau kita telah memilih pekerjaan tetap dan pendapatan yang stabil. Jangan sampai karena satu hal dan lainnya, kita tidak bisa membayar cicilan rumah. Ingat bahwa bank juga punya pertimbangan sendiri dalam memberikan cicilan. Ketika kita tidak mampu membayar cicilan, maka siap-siap saja kita kehilangan rumah.
  4. Kesiapan untuk berkomitmen? Nah, ini dia pertimbangan terakhir yang harus kita pikirkan: siapkah kita untuk berkomitmen dan membayarkan cicilan rumah yang tampaknya tiada ujung? Siapkan kita untuk mengurus semua surat-surat dan kewajiban kita sebagai pemilik properti yang sah? Hal ini bukanlah hal yang mudah, untuk itu persiapkan diri juga untuk berkomitmen.

Demikianlah beberapa tips membeli rumah bekas ataupun baru. Nah, setelah membaca artikel di atas, siapkah kita memiliki rumah? (Tr)

One thought on “Pertimbangkan Hal Ini Ketika Membeli Rumah

  1. Pingback: Menata Kamar Mandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE