Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengajukan Kredit Kendaraan Motor

Memiliki kendaraan bermotor sendiri mungkin adalah keinginan setiap orang. Untuk yang memiliki penghasilan lebih, mungkin hal ini adalah hal yang sangat mudah. Tinggal datang ke dealer, pilih kendaraan yang disukai, lalu bayar dan transaksipun selesai. Sementara, untuk yang memiliki penghasilan tidak terlalu besar biasanya memanfaatkan kredit kendaraan bermotor untuk memenuhi keinginannya.

Kredit Kendaraan Bermotor

Saat ini, proses pengajuan kredit kendaraan tergolong mudah. Ditambah lagi, DP yang harus dibayarkan juga tidaklah terlalu besar. Namun begitu, bukan berarti Anda bisa membeli kendaraan seenaknya ya. Karena, proses kredit tidaklah berhenti hingga pengajuan Anda diterima saja, melainkan setelahnya. Saat pengajuan diterima, artinya Anda memiliki tanggungjawab untuk membayar cicilan dengan jumlah yang telah ditentukan setiap bulannya. Agar Anda tidak merasa terbebani dengan cicilan kredit ini, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini sebelum mengajukan kredit kendaraan bermotor :

  • Penghasilan

Berapa penghasilan bulanan yang Anda terima? Apakah penghasilan tersebut akan mampu untuk menutup cicilan kendaraan Anda? Sebaiknya, ambilah nilai cicilan yang berjumlah sekitar 1/3 dari penghasilan bulanan Anda. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki sisa dana yang masih cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Meskipun misalnya Anda memiliki sumber penghasilan lainnya diluar dari gaji bulanan, sebaiknya Anda tidak mengandalkan penghasilan ini untuk membayar cicilan mobil. Apalagi, jika jumlah dan waktu masuknya penghasilan tambahan ini tidak pasti.

  • Pengeluaran rutin

Setiap orang pasti memiliki pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan setiap bulannya. Misalnya saja, seperti biaya listrik, keperluan bulanan, dan sebagainya. Keperluan ini berbeda-beda setiap orang, dan jumlahnya akan lebih besar pada orang yang telah berkeluarga dibandingkan dengan yang masih single. Sebelum menentukan besaran cicilan, perhitungkan terlebih dahulu perbandingan antara penghasilan dan pengeluaran rutin setiap bulan.

  • Pengeluaran tambahan

Jangan lupa, saat Anda mengambil kredit kendaraan bermotor, pengeluaran tambahan Anda tidak hanya berhenti pada biaya cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya. Kok bisa? Jelas, karena kendaraan yang Anda tidak akan berjalan tanpa BBM, dan pastinya setiap beberapa bulan sekali kendaraan akan membutuhkan perawatan. Nah, ini juga harus Anda perhatikan saat membeli kendaraan. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE