Point Penting Saat Memilih Asuransi Mobil

Asuransi MobilMobil adalah hal yang paling lazim diasuransikan di zaman modern ini, dan semakin hari sudah semakin banyak pilihan layanan asuransi mobil yang dapat kita pilih. Semua asuransi ini, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terdapat banyak faktor yang kita harus perhatikan untuk menilai asuransi mobil yang bagus. Faktor-faktor ini patut dipertimbangkan sebelum Anda memilih perusahaan asuransi yang akan anda gunakan. Disini kita akan membahas faktor-faktor tsb.

  • Layanan. Hal-hal apakah yang akan diganti oleh perusahaan? Hal-hal apakah yang tidak akan diganti oleh perusahaan? Carilah perusahaan yang layanannya mengganti banyak hal. Terdapat 2 jenis layanan utama asuransi mobil pada umumnya yang dapat menjadi pertimbangan kita;
    • TLO (Total Loss Only), asuransi jenis ini HANYA akan mengganti kehilangan keseluruhan mobil, atau kerusakan mobil yang melebihi 75% bagian mobil.
    • All-Risk, sementara asuransi jenis ini memiliki daftar yang berisikan hal-hal yang TIDAK AKAN diganti perusahaan, termasuk di dalamnya penyebab kerusakan tertentu. Hal-hal atau penyebab apapun yang tidak termasuk dalam daftar tersebut AKAN diganti.¬†Selain itu, kita juga harus mencari tahu, apakah terdapat batasan dalam biaya medis maupun biaya kerusakan/kehilangan yang akan diganti? Beberapa perusahaan tidak akan mengganti kerusakan apabila biaya kerusakan melebihi nilai mobil.
  • Kantor cabang dan bengkel rekanan. Semakin banyak cabang dan bengkel rekanan, akan semakin baik. Terutama jika cabang dan bengkel rekanan suatu perusahaan tersebar di berbagai lokasi, karena hal ini akan memudahkan kita dalam melaporkan klaim maupun saat klaim kita disetujui.
  • Proses klaim yang tidak rumit. Beberapa perusahaan membutuhkan lebih banyak dokumen dan surat-surat dari perusahaan lain. Pilihlah perusahaan asuransi mobil yang tidak membutuhkan banyak dokumen maupun surat-surat dalam proses klaim. Lazimnya proses klaim hanya membutuhkan fotokopi SIM dan STNK, serta surat laporan polisi.
  • Tarif. Perlu pertimbangan berlebih khusus untuk hal ini. Kita harus membandingkan tarif dengan layanan yang disediakan. Anda bisa mencari informasi mengenai cara mendapatkan premi asuransi mobil yang murah jika ingin mengurangi tarif atau biaya premi. Namun, terkadang tarif yang relatif mahal bisa dianggap sesuai dengan harganya apabila memiliki layanan yang banyak dan bervariatif. (RR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE