Pulau Lanjukang, Sebuah Hidden Gem di Ujung Kota Makassar

Pulau Lanjukang

image source: Yukpiknik

Indonesia patut bangga dengan keunikan yang dimiliki masing-masing daerahnya. Seperti halnya provinsi Sulawesi Selatan yang terkenal dengan gugusan pulau yang jumlahnya lebih dari 100. Gugusan pulau-pulau ini dikenal dengan nama Spermonde. Sedangkan, kota Makassar memiliki belasan pulau yang terbentang di antara gugusan Spermonde ini. Jika kamu berencana untuk menginap di hotel mewah di Makassar, tak ada salahnya untuk berlibur juga ke salah satu pulau kecil di Sulawesi Selatan.

Dari belasan pulau di Makassar ini, terdapat satu pulau yang paling indah. Pulau ini bernama Pulau Lanjukang. Belum banyak yang tahu, pulau ini merupakan pulau terluar Makassar dan masuk dalam wilayah Kepulauan Sangkarrang. Untuk sampai ke pulau ini, kamu perlu menempuh jarak sekitar 40 Km dari kota Makassar. Meskipun letaknya cukup terepencil dan hanya memiliki wilayah seluas enam hektar saja, Pulau Lanjukang telah dihuni penduduk sekitar 50 orang yang terdiri atas 15 kepala keluarga yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Di Pulau Lanjukang, sepanjang mata memandang, kamu akan melihat hamparan pasir putih dan gradasi air laut yang masih sangat alami. Tempatnya yang terpencil juga membuatmu merasakan ketenangan dan relaksasi yang berbeda dibanding berkunjung ke pulau-pulau lainnya. Keistimewaan Pulau Lanjukang yang lain juga terletak di bawah lautnya. Lokasi snorkeling yang di pulau ini dihiasi dengan warna-warni terumbu karang, ratusan ikan hias kecil yang berenang bebas seperti ikan badut dan lion fish. Kedalaman air di lokasi snorkeling juga tidak terlalu dalam.

Namun karena pulau ini masih sangat alami, fasilitas yang disediakan untuk para wisatawan pun belum memadai. Listrik di pulau ini hanya menyala dalam waktu yang terbatas yakni, pukul 18.00-21.00 WIT. Sumber air tersedia dari sumur kecil dengan debit air yang sangat terbatas, dan mushola juga masih semi permanen. Namun, bagi kamu yang ingin menginap, di sana disediakan camping space. Jika kamu berminat ke sana, sebaiknya membawa bahan makanan lebih baik untuk diri sendiri dan juga untuk para penduduk setempat. Untuk para petualang yang sudah biasa traveling, fasilitas terbatas tak akan menghalangi keinginan untuk berkunjung ke hidden gem di Makassar ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE