Punya Motor Matic? Gunakan Oli Khusus!

Bagi Anda yang sering berkendara dengan sepeda motor, pastinya sudah mengetahui bahwa mengganti oli mesin merupakan hal rutin yang harus dilakukan untuk menjaga kualitas mesin motor Anda. Mengganti oli mesin wajib dilakukan agar mesin di motor Anda tetap awet dan tahan lama. Tidak hanya itu, untuk menunjang kinerja mesin, Anda pun disarankan untuk menggunakan oli motor yang sesuai dengan mesin motor Anda.

Akan tetapi, ternyata masih ada salah kaprah yang dilakukan oleh para pengendara motor. Salah satunya adalah ketidaktahuan tentang oli khusus untuk motor matic. Seperti yang Anda ketahui, kendaraan beroda dua memiliki jenis yang berbeda; ada yang bertransmisi matic dan juga manual. Selama ini, mungkin Anda merasa bahwa kedua jenis tersebut tidaklah memiliki perbedaan selain masalah transmisinya. Untuk itu penggunaan olinya pun sama; yang penting untuk sepeda motor.

Oli Mesin Motor Matic

Ternyata, pandangan tersebut salah kaprah, lho. Sebab keduanya memiliki kebutuhan jenis oli yang berbeda. Anda tidak bisa menggunakan oli untuk matic pada motor manual, begitu juga sebaliknya makanya Anda perlu tetap waspada saat pergantian oli kendaraan di bengkel untuk memastikan oli yang digunakan memang cocok untuk motor matic Anda. Para produsen pembuat mesin juga merekomendasikan penggunaan oli sesuai dengan peruntukannya. Misalnya, untuk motor matic, Anda bisa menggunakan oli berinisial MB sesuai dalam Japanese Automobile Standard Organization (JASO).

Ini dia beberapa alasan mengapa sepeda motor matic harus menggunakan oli khusus yang berbeda dengan oli sepeda motor manual:

  • Mesin motor matic lebih kecil dibandingkan dengan motor manual, sehingga putaran mesinnya lebih tinggi dan menyebabkan mesin lebih cepat panas.
  • Motor matic memiliki sistem kopling yang berbeda. Jika sepeda motor biasa memiliki sistem kopling yang basah, maka motor matic memiliki sistem kopling yang kering. Dengan demikian, oli untuk motor matic haruslah memiliki formulasi rendah gesekan berbeda dengan oli motor biasa pada umumnya.
  • Oli untuk motor matic memiliki tingkat kekentalan yang lebih tahan lama dibanding oli motor manual. Hal ini disebabkan karena temperatur mesin pada motor matic sangat tinggi. Untuk itu, oli motor matic harus lebih tahan terhadap penguapan.

Dilihat dari beberapa hal di atas, itu sebabnya mengapa motor matic sebaiknya menggunakan oli khusus yang sudah dianjurkan. Alasannya adalah agar mesin motor Anda menjadi lebih tahan lama dan terjaga kualitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE