Qatar National Library Kini Dibuka Untuk Publik

Qatar National LibraryQatar National Library kini dibuka untuk publik. Perpustakaan nasional ini siap untuk menjadi wadah bagi masyarakat dalam bidang literasi. QNL yang memakan waktu lima tahun untuk pembangunannya ini langsung menarik perhatian warga dunia dalam pembukaan resminya. Hmm, tidak jauh berbeda dengan pembukaan perpustakaan atau properti Indonesia di sekitar kita, ya!

QNL memiliki koleksi yang beragam. Buku-buku di perpustakaan ini terdiri atas 17 bahasa dan didominasi oleh bahasa Arab dan juga bahasa Inggris. Qatar National Library, yang juga bagian dari Qatar Foundation for Education, Science and Community Development (QF), ternyata merupakan salah satu perpustakaan paling besar di dunia. Pembangunannya pertama kali diberitahukan ke publik lima tahun lalu, tepatnya di tahun 2012 oleh Her Highness Sheikha Moza bint Nasser.

Qatar National Library memiliki luas 45.000 meter persegi dan mampu memuat koleksi buku lebih dari satu juta. Hingga saat ini, jumlah koleksi buku yang ada di dalam perpustakaan adalah sejumlah 800.000 dan terus bertambah.

bagian dalam Qatar National LibraryBangunan QNL didesain oleh arsitek Belanda yang bernama Rem Koolhaas dan telah mendapat banyak pujian hingga sekarang. Mengapa? Pasalnya, bangunan ini sangatlah ramah untuk pengunjung yang berkebutuhan khusus. Tidak hanya itu, di dalamnya terdapat berbagai inovasi di dunia perpustakaan seperti automatic book sorting system, interactive media walls, dan masih banyak lagi.

Di dalam QNL, pengunjung juga bisa mengunjungi The Heritage Library yang berada di pusat bangunan QNL. Pengunjung bisa menemukan buku-buku langka, manuskrip, dan juga teks berharga yang berhubungan dengan budaya Arab dan Islam. QNL juga memiliki children section yang berisi lebih dari 100.000 buku dalam bahasa Arab, Inggris, dan bahasa lain. Koleksinya sendiri berupa buku bergambar, chapter books, information books, easy readers, majalah, DVD, audiobooks, ebooks, dan juga emagazine. Menariknya, children section ini juga memiliki beberapa program literasi untuk membantu meningkatkan minat baca kepada anak-anak sejak dini.

Selain children section, QNL juga memiliki The Teen Library yang dikhususkan untuk pengunjung berusia 13 sampai 18 tahun. Dalam section ini, setidaknya terdapat lebih dari 30.000 buku dengan berbagai jenis entah itu berupa majalah, graphic novels, dan mash banyak lagi. Tidak hanya itu, di sini pengunjung juga bisa menemukan buku-buku pelajaran sekolah hingga buku soal untuk ujian ACT dan SAT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE