Rawat Gitar Untuk Mencapai Performa Maksimal

Gitar Akustik merupakan salah satu alat musik yang paling umum dan banyak dijual di toko alat musik baik secara online atau offline. Gitar akustik digunakan di semua kalangan masyarakat. Di berbagai acara, alat musik ini sering digunakan untuk meramaikan berbagai acara, misalnya saja ketika berkumpul bersama teman atau keluarga, acara kegiatan sekolah, atau berbagai acara lainnya, sehingga tidak heran jika semakin banyak orang yang memiliki alat musik ini.

Gitar AkustikBagi para pecinta gitar, melakukan perawatan secara rutin terhadap alat musik kesayangannya ini merupakan hal yang sangat penting, karena mereka ingin gitar yang mereka miliki selalu berkualitas bagus dan tahan lama. Namun bagi sebagian orang yang memiliki gitar hanya untuk kesenangan saja seringkali tidak begitu memperhatikan hal ini. Banyak dari sebagian cenderung hanya membersihkan gitarnya saja saat gitar tersebut terlihat kotor, dan menjaganya dari benturan agar tidak rusak. Kondisi ini hanya rutin dilakukan dalam beberapa bulan setelah beli gitar di toko musik pertama kali. Padahal, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh semua pemilik gitar agar gitar yang dimilikinya selalu memiliki performa yang maksimal, antara lain:

  • Perhatikan suhu ruangan

Simpan gitar pada suhu ruangan antara 18OC – 27OC dan tingkat kelembaban udara 45% – 55%, karena kondisi tersebut cukup sedang dan merupakan tingkat suhu dan kelembaban yang dimiliki oleh pabrik tempat gitar di produksi. Dengan disimpan pada suhu yang tepat, maka gitar akan mencapai performa yang terbaiknya.

  • Tempat Penyimpanan

Beberapa gitar dilengkapi dengan hardcase, simpan gitar dalam hardcase tersebut karena akan melindungi gitar dari benturan. Letakkan gitar di tempat yang stabil, dan tidak mudah jatuh. Akan lebih baik jika menggunakan guitar stand. Saat mengeluarkan gitar dari hardcase pastikan penutupnya sudah terbuka dalam posisi yang benar, seringkali saat sedang mengeluarkan gitar penutupnya tanpa sengaja tertutup sehingga membentur permukaan gitar.

  • Membersihkan dengan benar dan teratur

Membersihkan gitar dengan menggunakan lap atau kain yang halus agar tidak menggores permukaan gitar. Berhati-hatilah dalam memilih cairan pemoles, lebih baik jika menggunakan cairan pemoles dengan merk yang sudah cukup terkenal. Selalu bersihkan juga dawai gitar secara teratur untuk menghindari debu yang melekat.

  • Beri Pelumas pada Bagian Tuning Machine

Pemain gitar akustik sering harus merubah tala dawainya saat sedang ditengah permainan, karena itulah penting untuk memberikan pelumas dibagian tuning machine setiap 6 atau 8 bulan sekali. Namun penting untuk membersihkan sisa pelumas yang tertinggal pada metal penyangga tuning machine agar tidak meninggalkan noda.

One thought on “Rawat Gitar Untuk Mencapai Performa Maksimal

  1. Pingback: Tips Memilih Senar Gitar yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE