Rawat Material Batu Alam Agar Awet

Meskipun harga pagar panel beton sudah cukup terjangkau, namun untuk pembangunan rumah dengan tema minimalis tetap memilih menggunakan batu alam sebagai bahan dasarnya. Alasan utama yang mendasarinya adalah, karena batu alam dianggap paling sesuai untuk menambah kesan minimalis pada rumah. Apalagi jika kita sudah mengikuti tips memilih tanaman untuk taman minimalis yang kita dapatkan dengan susah payah, tentu kita tidak ingin merusaknya dengan membuat pagar dari bahan yang salah kan?

Nah, bagi kalian yang juga menggunakan batu alam untuk pagar rumah, ada beberapa cara yang harus kalian tahu mengenai perawatan batu alam ini. Tujuannya, untuk menjaga agar batu alam ini terlihat tetap indah dan menarik.

  • pagar batu alamTidak bebeda jauh dengan pagar berbahan lain, pagar batu alam juga harus dibersihkan secara rutin. Sebagian besar pagar batu alam ini cukup dibersihkan dengan cara disemprotkan dengan air bertekanan tinggi, sehingga semua kotoran yang menempel akan lepas dari permukaan batu.
  • Jika ada kotoran yang benar-benar menempel (misalnya lumut), maka kita bisa membersihkannya dengan cara menggosoknya. Namun, sebelum melakukan ini sebaiknya cari tahu terlebih dahulu karakteristik dari batu yang digunakan. Tujuannya, agar cara kita membersihkan batu ini tidak akan membuat batu alam menjadi rusak.
  • Untuk batu berpori kasar dan besar, lebih baik jika menggunakan sikat kawat atau kuningan untuk menggosoknya. Sedangkan untuk batu alam berpermukaan halus, kita bisa menggunakan sikat plastik.
  • Jika menggosok dan menyiramnya dengan air belum bisa menghilangkan kotoran, kita bisa menggunakan sabun atau campuran air dan tepung soda pada bagian yang kotor.
  • Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih berbahan kimia, karena beberapa batu alam tidak tahan terhadap reaksi kimia seperti ini. Pastikan bahwa batu alam yang kita gunakan tahan terhadap cairan kimia sebelum menggunakan deterjen atau larutan pembersih berbahan kimia untuk membersihkan batu alam.
  • Jika setelah batu alam bersih dan kita menemukan lapisan luar batu alam mulai terkikis, maka kita bisa menggunakan cairan coating khusus batu alam untuk memperbaiki lapisan luarnya.

Tidak terlalu sulit kan untuk melakukan perawatan ini? (Vita)

One thought on “Rawat Material Batu Alam Agar Awet

  1. Pingback: Batu Alam untuk Pagar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE