Rawat Rem Mobil Agar Selalu Berfungsi Dengan Baik

mobilSistem pengereman pada mobil apapun merupakan hal yang sangat penting, baik itu mobil pribadi berukuran kecil, ataupun mobil angkutan barang seperti Truk Colt Diesel. Sebab, sistem ini berkaitan langsung dengan keselamatan berkendara. Bahkan, tidak jarang sebuah kecelakaan yang cukup fatal terjadi akibat sistem pengereman yang tidak berjalan dengan baik. Itulah sebabnya, melakukan perawatan terhadap komponen yang berkaitan dengan sistem ini adalah hal yang wajib.

Sebenarnya, untuk melakukan perawatan caranya akan sedikit berbeda, tergantung pada jenis sistem pengereman yang digunakan. Untuk kali ini, kita akan membahas perawatan rem cakram dan rem tromol, yaitu dua jenis rem yang cukup banyak digunakan saat ini. Pada umumnya, mobil keluarga yang banyak beredar menggunakan kombinasi keduanya, yaitu rem cakram pada bagian bagian depan, dan rem tromol pada bagian belakang. Akan tetapi, untuk mobil dengan kapasitas mesin lebih besar atau mobil sport, terkadang menggunakan rem cakram untuk bagian depan maupun belakangnya.

Lalu, bagaimanakah cara perawatannya? Sebenarnya, inti dari perawatan rem cakram maupun tromol sama, yaitu menjaga kebersihan kampas rem. Sebab, kampas rem yang kotor inilah yang seringkali membuat daya cengkram menjadi berkurang. Selain itu, pada rem tromol, kampas rem yang kotor dapat berisiko membuat komponen tromol menjadi baret. Akibatnya, tidak semua permukaan brake shoe dapat menempel dengan sempurna pada teromol sehingga pengereman tidak maksimal.

Cara membersihkan kampas rem ini sebenarnya tidak terlalu sulit, tetapi cukup merepotkan jika dilakukan sendiri. Dan berikut ini adalah langkahnya:

  • Untuk rem cakram, kamu bisa langsung melepaskan kampas rem dari dudukannya. Sementara pada rem tromol, kamu harus melepaskan tutup tromol terlebih dahulu sebelum melepaskan kampas rem.
  • Gunakan ampelas kasar, kuas, atau sikat untuk membersihkan permukaannya
  • Kamu juga bisa merendam kampas rem di air bersih dan kemudian menjemurnya hingga kering. Atau bisa membersihkannya dengan menggunakan pembersih karbon khusus rem atau brake cleaner.
  • Pada rem cakram, kamu bisa memberikan stempet atau gemuk pada besi bagian belakang kampas rem. Namun, pastikan agar pelumas tidak mengenai permukaan kampas rem yang bersinggungan dengan cakram.
  • Pada rem tromol, kamu bisa memberikan sabun colek. Caranya yaitu saat kampas rem dan tromol sudah terpasang sempurna, oleskan sedikit sabun colek di sekitar rem tromol dan kemudian cobalah mengerem beberapa kali.

Kampas rem merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pengereman, karena itulah wajib untuk kamu memastikan kebersihannya. Selain itu, ada satu bagian penting lain yang juga wajib kamu periksa, yaitu minyak rem. Sebenarnya, dalam kondisi normal minyak rem tidak perlu diisi ulang karena tidak berkurang dengan cepat. Kecuali, jika kualitas minyak rem sudah berkurang maka kamu harus menggantinya dengan minyak rem yang baru. Akan tetapi, ketika terjadi sebuah kebocoran, maka minyak rem ini akan cepat habis dan tentulah akan sangat memengaruhi sistem pengereman. Jadi, pastikan juga untuk memeriksanya, ya! (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE