Restorasi Ekosistem Riau (RER), Ini 4 Pendekatan yang Diterapkan Royal Golden Eagle

Kawasan hutan gambut di Riau telah lama menyimpan kisah pilu. Perambahan hutan secara ilegal, penebangan hingga pembakaran hutan untuk tujuan membuka lahan, semua itu telah merusak ekosistem hutan yang menjadi rumah bagi beragam spesies flora dan fauna. Sebagai salah satu perusahaan yang telah banyak mendapatkan manfaat dari bumi Indonesia, Royal Golden Eagle merasa turut bertanggung jawab dalam menjaga kelestariannya. Melalui salah satu unit bisnisnya yakni APRIL Group, grup bisnis Sukanto Tanoto ini pun secara aktif ikut terlibat dalam merestorasi kawasan tersebut.

Restorasi Ekosistem Riau (RER), Ini 4 Pendekatan yang Diterapkan Royal Golden Eagle
Sumber: rapp.com

Sejak tahun 2013, Grup Royal Golden Eagle melalui salah satu unit bisnisnya yakni APRIL Group telah mendapatkan izin untuk membantu melestarikan kawasan hutan di Riau. Pendanaan senilai 100 juta dollar Amerika Serikat selama 10 tahun menjadi salah satu bukti komitmen perusahaan Sukanto Tanoto dalam merestorasi hutan. Melalui program RER (Restorasi Ekosistem Riau), Royal Golden Eagle pun menerapkan 4 pendekatan dalam melestarikan hutan.

1. Melindungi Kawasan Hutan dari Degradasi lebih Lanjut

Sejak program RER dilaksanakan, APRIL Group telah melatih dan mengerahkan sedikitnya 35 jagawana atau penjaga hutan untuk menjaga kawasan restorasi. Menariknya di sini, sepertiga dari penjaga hutan yang dipekerjakan adalah mantan penebang liar dan pemburu gelap. Namun berkat peran Royal Golden Eagle yang tidak pernah berhenti menyadarkan masyarakat akan pentingnya hutan, mereka pun tergerak untuk ikut terlibat dalam upaya menjaga hutan.

2. Mengkaji Kondisi Flora dan Fauna Kawasan Restorasi

Sebagai panduan dalam melakukan kegiatan konservasi, APRIL Group juga mengkaji kondisi flora dan fauna di kawasan restorasi. Pemantauan dan riset dilakukan untuk memperoleh data dan menentukan langkah terbaik yang diperlukan untuk mengembalikan kondisi hutan Riau yang dipercayakan kepada perusahaan Sukanto Tanoto.

3. Merestorasi Area yang Terdegradasi

Restorasi kawasan hutan yang terdegradasi dilakukan dengan cara menanam kembali bibit tanaman yang berasal dari kawasan sekitar. Pembenihan dan penumbuhan tanaman hutan sendiri dilakukan di nursery. Setelah dinilai siap tanam, tanaman tersebut kemudian dipindahkan ke area yang ingin direstorasi.

Selain melakukan penanaman kembali, APRIL Group juga menjaga level air di dalam hutan. Hal ini dilakukan grup Royal Golden Eagle dengan cara membendung kanal-kanal yang sebelumnya digunakan oleh penebang liar dan mengembalikannya ke kondisi semula.

4. Mengembangkan Rencana Jangka Panjang demi Hutan yang Berkelanjutan

Restorasi hutan bukanlah pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Butuh usaha dan waktu yang tidak sebentar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Untuk itu, APRIL Group selaku pemegang izin pengelolaan hutan juga mengembangkan rencana jangka panjang untuk memastikan keberlangsungan hutan.

Pengembangan rencana jangka panjang dilakukan dengan cara bekerja sama dengan berbagai pihak. Mulai dari masyarakat sekitar, pemerintah dan pemegang izin konsesi, semua dirangkul demi memperbaiki ekosistem dan mewujudkan hutan yang berkelanjutan.

Izin Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu untuk Pemulihan Ekosistem (IUPHHK-RE) pertama kali diperoleh RER pada tahun 2013. Pada awalnya, kawasan yang dilestarikan oleh grup Royal Golden Eagle hanya seluas 20.000 hektar saja. Namun pada tahun 2015, setelah izin berikutnya diperoleh, luas area yang dikelola menjadi seluas 150.000 hektar.

Meski memiliki sumber daya yang cukup besar, perusahaan Sukanto Tanoto tidak dapat merestorasi hutan Riau seorang diri. Peran masyarakat sekitar juga dibutuhkan. Untuk itu, Royal Golden Eagle juga terus menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga dan merawat hutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE