Roller Coaster Tercepat di Dunia, Berani Mencobanya? (Part I)

Roller coaster termasuk salah satu permainan di taman bermain yang sangat banyak sekali penggemarnya. Roaller coaster dianggap sebagai permainan yang benar-benar menguji adrenalin. Bagaimana tidak, dengan kecepatan tinggi roller coaster mampu meliuk-liukkan pengunjungnya dari atas ketinggian. Kecepatannya ini bahkan bisa melebihi kecepatan maksimal dari mobil Mitsubishi Delica milikmu, lho.

Meskipun begitu, ternyata permainan ini selalu saja menjadi salah satu wahana andalan yang disukai oleh pengunjung taman bermain. Banyaknya pengunjung yang menyukai permainan roller coaster, membuat taman bermain yang ada di seluruh belahan dunia berlomba-lomba membuat roller coaster tercepat di dunia.

Naik Roller Coaster

Lantas, apa saja roller coaster tercepat di dunia? Yuks, disimak liputannya di bawah ini:

  • Roller Coaster Formula Rossa

Roller Coaster Formula Rossa digadang-gadang sebagai roller coaster tercepat pertama di dunia. Roaller Coaster Formula Rossa sendiri dibuka untuk umum sekitar bulan November 2010 lalu. Roller Coaster yang terletak di wahana bermain Ferrari World di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini memiliki kecepatan 240 km/h atau 150 mph.

Roller Coaster Formula Rossa dibuat oleh Intamin AG dari swiss. Ketika menaikinya, para pengunjung diminta memakai kacamata pelindung, dikarenakan kecepatannya yang begitu tinggi. Bentuk Roller Coaster Formula Rossa dibuat sangat mirip dengan mobil Felipe Massa keluaran Ferrari.

  • Roller Coaster Kingda Ka

Selanjutnya, roller coaster tercepat ke dua di dunia di pegang oleh Roller Coaster Kingda Ka. Roller Coaster Kingda Ka sendiri terletak di Six Flags Great Adventure, New Jersey, Amerika Serikat. Roller coaster yang memiliki kecepatan 128 mph atau 206 km/h, dibuka untuk umum sekitar bulan September 2004 lalu.

Nama Kingda Ka sendiri diambil dari seekor Harimau Bengala dengan berat 230 kg yang pernah di pamerkan di wahana tersebut. Dan, Roller Coaster Kingda Ka dibangun oleh Subkotraktor Intamin, Stakotra.

  • Roller Coaster Top Thrill Dragster

Lalu, peringkat ketiga diduduki oleh Roller Coaster Top Thrill Dragster yang terletak di Sandusky, Ohio, Amerika Serikat. Sama dengan roller coaster lainnya, Roller Coaster Top Thrill Dragster juga dibuat oleh Intamin AG dari Swiss. Roller Coaster Top Thrill Dragster sendiri memiliki kecepatan sekitar 120 mph, dan mulai dibangun sekitar tahun 2003.

  • Roller Coaster Dodonpa

Roller Coaster Dodonpa terletak di Fuji-Q Highland Amusement Park, Yamanashi Jepang. Roller Coaster Dodonpa merupakan roller coaster tercepat keempat di dunia. Roller Coaster Dodonpa yang memiliki kecepatan sekitar 107 mph, mulai dibuka untuk umum sekitar bulan Desember 2001. Roller Coaster Dodonpa sendiri dibuat oleh perusahaan S & S Worldwide.

  • Roller Coaster Tower of Terror II dan Superman Escape

Dan, roller coaster tercepat di dunia peringkat kelima diduduki oleh Roller Coaster Tower of Terror II dan Superman Escape. Sebenarnya, kedua roller coaster ini berbeda tempat, akan tetapi memiliki kecepatan yang sama yaitu sekitar 100 mph atau 160,9 km/h.

Roller Coaster Tower of Terror II sendiri terletak di Dreamworld, Quessland, Australia, dan mulai dibuka untuk umum pada bulan Januari 1997. Sedangkan, Roller Coaster Superman Escape terletak di Six Flags Magic Mountain, California, Amerika Serikat, dan mulai dibuka pada tahun 1996.

Segitu dulu yaa, roller coaster tercepat di dunianya. Nanti bakalan dilanjutkan lagi kok di Part II. –Sh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE