Rumah yang Kokoh dan Tahan Lama? Fondasi Kuat Adalah Kuncinya

Rumah merupakan salah satu aset yang sangat berharga dan juga investasi jangka panjang bagi pemiliknya. Maka dari itu, seluruh upaya akan dilakukan agar rumah dapat dihuni dengan aman dan nyaman, seperti memiliki asuransi rumah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah menjadi kuat dan tahan lama adalah membuat fondasi awal yang kokoh karena tanpa fondasi yang kokoh rumah tidak dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Terkait hal itu, simak artikel ini bila Anda sedang berencana membangun rumah idaman..

  • Struktur tanah

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah struktur tanah di mana rumah akan dibangun. Jika tanah di area tersebut merupakan tanah yang berpasir dan juga lunak, maka Anda memerlukan fondasi yang dibuat dengan tapal lebar agar dapat mencengkeram tanah lebih kuah. Jika permukaan tanah tidak rata seperti adanya batu-batu, maka sangat dibutuhkan fondasi kuat yang mengikuti naik dan turunnya pola tanah tersebut.

  • Bahan yang digunakan

Tiga material penting yang perlu diperhatikan kualitasnya adalah semen, pasir dan juga batu. Agar lebih kokoh dan tahan lama, maka tambahkan kerangka besi yang sudah dilapisi cat anti karat agar lebih awet. Pastikan juga batu yang digunakan merupakan jenis batu yang kuat, seperti batu kali, batu gunung dan sebagainya.

  • Pemasangan fondasi

Setelah segala mempersiapkan galian dan bahan-bahan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah pembangunan fondasi. Sebenarnya batu kali bukanlah satu-satunya pilihan bahan utama fondasi, namun ada pilihan lain seperti batu bata merah yang kekuatannya juga tak kalah kokoh.

  • Pemasangan besi

Sesudah selesai memasang seluruh batu, maka selanjutnya pemasangan besi yang sudah dianyam dan diikat dengan kawat dapat dilakukan. Bengkokkan kedua ujung besi agar dinding rumah tidak mengalami retak struktur yang dapat berisiko robohnya seluruh bangunan.

  • Pemasangan sloof

Setelah semua material terpasang dengan tepat dan rapi, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memasang sloof yang berfungsi sebagai penahan beban untuk menyatukan fondasi dan perekat besi kolom. Saat melakukannya, perlu diperhatikan kematangan coran dan letak titi dari kolom.Demikian ulasan singkat mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat fondasi rumah yang kokoh dan juga tahan lama. Semoga bermanfaat!

Erick

Saya seorang yang sedang belajar menulis dan saat ini sedang mempelajari dunia digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.