Rumus Untuk Hitung Berat Badan Yang Ideal

Pada umumnya, tiap orang mempunyai berat badan ideal berbeda dengan yang lainnya. Anda tak dapat menyama ratakan tingkat berat ideal pada setiap orang. Bobot berat badan yang ideal antara bersaudara juga bisa saja berbeda. Maka dari itu, Anda harus tahu rumus menghitung berat badan ideal. Untuk Anda yang ingin tahu lebih mendalam mengenai rumus tepat untuk menghitung bobot berat badan yang ideal, Anda bisa langsung simak ulasan di bawah ini. Supaya Anda bisa pasti lagi dalam menentukan status bobot berat badan Anda, maka lebih baik Anda harus tahu cara yang tepat untuk mengetahui bobot badan yang ideal. Terdapat beberapa cara/ metode sebenarnya yang dapat Anda pakai untuk bisa menghitung info berat ideal.

Rumus Brocha/ Devine

Supaya Anda bisa lebih mudah menghitung bobot berat badan yang tergolong ideal, Anda bisa memakai rumus Brocha/ Devine. Sebenarnya rumus ini dipakai untuk keperluan menghitung pemakaian dosis obat berdasar berat badan pasien. Kalau Anda memakai rumus ini dalam mengitung bobot berat badan yang tergolong ideal, hasilnya tidak terlalu akurat. Disamping itu, rumus satu ini memiliki kekurangan yaitu tak dapat Anda gunakan untuk perhitungan bobot berat badan yang tergolong ideal yang tinggi badannya sangat pendek

Rumus Brocha atau Devine
Sumber Gambar: Wolipop – Detik

Hal tersebut dikarenakan Rumus Brocha/ Devine ini digunakan serta dikembangkan pada negara Prancis dimana mayoritas penduduknya berpostur tinggi. Dengan begitu, rumus satu ini tak terlalu cocok dipakai di Indonesia yang rata-rata tingginya sedang hingga pendek. Walaupun begitu, rumus satu ini memang bisa menghitung bobot berat badan yang tergolong ideal. Rumusnya yaitu sebagai berikut:

BBI = TB – 100 – (15 % – ( TB – 100 ))

Untuk mencoba rumus ini, kita ambil contoh TB atau tinggi badannya adalah 160 cm lalu kita akan menghitung bobot berat badan ideal (BBI).

BBI = 160 – 100 -(15% – (160-100) ). dengan berpacu pada rumus tersebut, maka kita bisa tahu hasil bobot berat badan yang tergolong ideal adalah 51 kg. Kalau memang tinggi badannya dibawah rata-rata sesuai yang sudah disebut sebelumnya, hasil akan rancu dan tidak cocok dimana hasilnya akan makin kecil. Anda bisa mencoba memasukan angka tinggi badan 140 cm yang lebih pendek. Hasil yang akan didapat nantinya adalah 34 kg. Hasil bobot berat badan yang tergolong ideal ini tentunya tak relavan dan tidak akurat. Tentunya tak mungkin seseorang yang tinggi badannya 140 cm mempunyai bobot berat badan yang tergolong ideal yang 34 kg saja.

Tentunya bobot berat badan yang tergolong ideal tersebut bukannya terlihat ideal tetapi akan nampak sangat kurus. Tetapi kalau memang tinggi badan Anda biasa-biasa saja, maka Anda bisa memakai rumus satu ini untuk tahu bobot berat badan yang tergolong ideal.Memang selain dari tips tersebut, masih ada beberapa lagi rumus tepat untuk menghitung bobot berat badan yang ideal lain yang bisa Anda manfaatkan kalau ingin memulai program diet.

Demikian saja bahasan tentang rumus tepat untuk menghitung bobot berat badan yang ideal. Bagi Anda yang ingin memulai program diet, maka Anda harus tahu dulu apa saja tipsnya. Semoga Anda bisa lebih terbantu dengan info rumus tepat untuk menghitung bobot berat badan yang idealkali ini. Berat badan yang ideal tentunya dirasa cukup penting untuk kegiatan kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE