Seberapa Pentingkah Peran Guru saat Belajar Bahasa Inggris?

Memasuki era globalisasi semakin banyak yang tertarik mempelajari berbagai bahasa asing. Diantara semua bahasa asing yang ada, bahasa inggris masih menempati posisi pertama yang memiliki paling banyak peminat. Hal ini wajar karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang umum digunakan oleh banyak masyarakat di berbagai negara. Karena itulah, menguasai bahasa ini menjadi prioritas utama. Setidaknya, jika sudah menguasai bahasa Inggris untuk smp, maka kita tidak akan lagi kesulitan untuk mempelajari level yang lebih tinggi lagi.

Peran Guru saat Belajar Bahasa Inggris

Untuk mempelajari bahasa ini, ada berbagai cara yang bisa ditempuh oleh seseorang, antara lain dengan bantuan guru ataupun tanpa bantuan guru. Lalu, seberapa penting yah peran guru dalam proses belajar bahasa Inggris?

Peran seorang guru pada setiap siswanya akan berbeda, tergantung pada kebutuhan siswanya. Ada yang mampu untuk mempelajari berbagai hal tanpa bantuan siapapun termasuk seorang guru, atau biasa disebut dengan otodidak. Siswa seperti ini biasanya memanfaatkan media lain seperti buku atau internet untuk membantunya belajar. Karena dapat belajar tanpa bantuan oranglain, siswa seperti ini biasanya akan dapat lebih berkembang dibandingkan dengan siswa lain dikelasnya.

Sementara, ada beberapa tipe siswa yang hanya mampu memahami sesuatu setelah mendapatkan penjelasan dari seorang guru. Saat belajar bahasa Inggris, siswa ini tidak akan bisa mengerti mengenai materi yang dipelajarinya dengan mempelajarinya sendiri. Untuk siswa yang memiliki sifat seperti ini, peran guru sangatlah penting dalam proses belajar.

Namun, tidak sembarang guru ya, karena siswa sangat bergantung pada guru maka akan sangat penting bagi siswa ini mendapatkan guru yang benar-benar memahami materi yang diajarkannya. Jika guru yang mengajar adalah guru yang kurang memahami materi yang diajarkan, dan tetap memaksakan materi tersebut pada siswa, maka hanya akan membuat siswa semakin bingung. Apalagi, jika ternyata pemahaman guru mengenai sebuah materi tidaklah benar dan pemahaman itu yang justru di ajarkan pada siswa, maka kesalahan ini akan dapat terus terbawa. Karena itulah, mengingat pentingnya peran guru bagi seorang siswa akan lebih baik jika guru benar-benar memahami materi sebelum mengajarkan pada siswanya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE