Segudang Manfaat Kunyit Bagi Pencernaan

kunyitTak hanya sebagai bumbu dapur, kunyit juga dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi sakit maag dan berbagai macam masalah kesehatan lambung lainnya. Itulah alasannya kunyit menjadi salah satu obat penyakit lambung yang cukup banyak digunakan masyarakat saat mengalami masalah pencernaan. Pasalnya, kunyit memang memiliki berbagai manfaat untuk sistem pencernaan. Tak heran kalau ketika seseorang sakit perut, maka salah satu solusinya adalah mengonsumsi ramuan herbal yang terdiri dari kunyit. Nah, penasaran seperti apa manfaat kunyit untuk pencernaan? Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

  • Meredakan asam lambung

Apakah Anda sering merasakan perih seperti terbakar di bagian perut, dada, atau tenggorokan? Biasanya itu merupakan ciri-ciri penyakit asam lambung atau yang dikenal juga dengan istilah GERD. Nah, sebelum menjadi lebih parah, Anda bisa memanfaatkan rempah kunyit. Sebab kunyit dapat menyehatkan sistem pencernaan termasuk usus besar dan lambung. Kunyit mengandung senyawa yang dapat melapisi dinding lambung dengan meningkatkan produksi mukosa.

  • Mengatasi kembung

Perut kembung biasanya disebabkan oleh jumlah gas berlebihan yang terkumpul di dalam perut. Tentunya perut kembung bisa menyebabkan rasa tak nyaman dan dapat menghambat berbagai aktivitas yang Anda lakukan. Untuk meredakan kembung, Anda bisa membuat ramuan kunyit. Caranya, tuanglah bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat dan konsumsilah secara rutin.

  • Meredakan mual

Ketika Anda merasa mual, Anda juga bisa memanfaatkan kunyit. Sebab, kunyit mengandung phytochemical yang dapat meningkatkan antioksidan dan melawan racun serta radikal bebas. Selain itu,  untuk mencegah mual, sebaiknya Anda menghindari stres dan dehidrasi. Jika tak kunjung sembuh, maka segera hubungi dokter.

  • Mengatasi Rasa Sakit karena Irritable Bowel Syndrom

Irritable Bowel Syndrom adalah kondisi dimana kontraksi usus tidak bekerja dengan normal, sehingga mengganggu pencernaan. Kondisi ini akan menyebabkan nyeri pada perut. Untuk menguranginya, Anda bisa mengonsumsi kunyit karena kandungan vitamin dan mineralnya dapat meredakan sakit akibat kontraksi.

  • Mengatasi sembelit

Sembelit yang tidak segera diatasi dapat menimbulkan masalah yang lebih besar. Namun jangan khawatir, kunyit juga dapat membantu Anda untuk mengatasi sembelit. Hal ini dikarenakan kunyit dapat membantu gerakan peristaltik usus besar, sehingga BAB akan menjadi lebih lancar.

Nah, di atas hanyalah beberapa manfaat kunyit untuk pencernaan. Tentunya masih banyak lagi manfaat kunyit untuk kesehatan Anda! Semoga membantu! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE