Spanduk Vinyl Multifungsi

Di hampir setiap jalan yang kita lalui, pasti kita sering melihat selembar kain berukuran panjang yang terbentang baik itu menutupi tembok, digantung melintang di atas jalan, atau sering juga dibawa oleh sekelompok orang yang sedang berdemonstrasi. Lembaran kain itulah yang sering kita sebut dengan spanduk. Karena ukurannya yang besar dan mudah terlihat, spanduk sangat populer untuk keperluan promosi dan penyampaian pesan, baik itu untuk promosi barang, pesan politik, perayaan hari besar, maupun promosi acara. Banyaknya jasa cetak spanduk murah Jakarta juga makin meningkatkan popularitas dari media spanduk.

Dewasa ini, bahan spanduk yang paling populer digunakan adalah bahan vinyl yang juga dikenal sebagai PVC. Untuk menggantung spanduk, biasanya ditempatkan lubang di ujung-ujung spanduk agar lebih mudah digantung. Jika spanduk berukuran sangat besar dan dipasang di samping gedung, spanduk biasanya dicetak dengan bahan khusus agar angin dapat mengalir melewati spanduk dengan lancar, sehingga tidak akan mudah rusak akibat tertiup angin. Apalagi, untuk spanduk yang terpasang di atas, diperlukan perhatian khusus mengenai sirkulasi angin ini.

Spanduk vinyl juga memiliki beberapa tipe, dan masa gunanya biasanya berkisar antara 3 hingga 5 tahun. Berikut adalah tipe-tipe spanduk vinyl:

  • Spanduk yang dicetak digital, biasanya dicetak dengan tinta berbahan dasar air, eco-solvent, solvent, atau UV-curable inkjet. Spanduk tipe ini biasanya dicetak dengan printer format besar.
  • Vinyl lettered banners dibuat dengan cara mengaplikasikan elemen-elemen seperti gambar dan tulisan yang terbuat dari vinyl secara individual dengan cara menempelkannya pada spanduk vinyl.
  • Spanduk screenprinted menggunakan metode screenprinting atau seringkali juga disebut sablon. Warna-warna pada spanduk ditempelkan satu per satu menggunakan metode sablon.
  • Spanduk juga dapat dibuat dengan mengecat atau menuliskan isi spanduk dengan cara manual. Cara ini sudah mulai ditinggalkan dengan populernya percetakan spanduk.

Banyaknya tipe spanduk ini akan memudahkan kita memilih bahan spanduk sesuai dengan budget, preferensi estetika dan kebutuhan serta usia pakainya.  (Dana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE