Start-up Business: Consept and Creativity

bisnis start upBisnis begitu erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Pada dasarnya seseorang pasti akan membangun bisnis sebagai penunjang hidup dan lapangan kerja bagi sesama. Peluang baru seperti lahirnya penawaran jasa baru juga ikut mendorong niat manusia dalam mengembangkannya sebagai sebuah kesempatan. Bahkan perkembangan area perkantoran seperti sewa kantor Sudirman Jakarta sebagai pusat dari distrik bisnis kini juga membuka ‘lapangan’ untuk pemanfaatan bisnis baru dalam mengembangkan sistem operasionalnya. Bisnis ini lebih dikenal dengan kata start-up business.

Serapan dari bahasa Inggris ini tentu cukup banyak dikenal semua orang dalam penyebutannya. Dalam informasi yang di ulas oleh Wikipedia.org, bisnis start-up berarti perusahaan rintisan atau perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan ini secara garis besarnya adalah perusahaan yang sedang berada di fase pengembangan dan penelitian untuk menuju cara pemasaran yang sesuai dan tepat. Namun ciri khas dari jenis bisnis ini berkaitan erat dengan pengembangan teknologi, internet, website, dan pengembangan lainnya. Tren ini berkembang pada akhir tahun 90an hingga tahun 2000.

Tren dari start-up business juga berkembang di Indonesia. Begitu banyak bisnis-bisnis baru yang cukup menjadi trending bahkan masyarakat sebagai pengguna dari output bisnis tersebut mengalihkan kepercayaannya kepada perusahaan. Hal ini kemudian menjadi kebiasaan yang lebih praktis dan peminatan yang tinggi. Seperti contohnya hasil dari sebuah ten start-up seperti layanan transportasi umum (ojek) online yang berbasis kepada aplikasi, layanan sistem pembayaran praktis dengan smartphone (cashless), hadirnya e-Commerce dalam memenuhi kebutuhan berbelanja masyarakat, serta lain sebagainya.

Cara bisnis dari start-up dapat dikatakan mudah dan ‘tidak ribet’. Peminatan untuk membangun bisnis baru ini juga ikut mendorong tren pengembangan bisnis, terlebih kepada masyarakat milenial. Anda tentu dapat memulai atau mengikuti tren bisnis ini. Hanya memerlukan ide atau konsep yang kreatif dalam melihat peluang, Anda juga dapat membuat cara baru sebagai pengembangannya. Selain itu, Anda juga secara tidak langsung membantu untuk membuka lapangan kerja baru bagi orang lain. Semoga bermanfaat yah! (VK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE