Stop Konsumsi Obat Tidur

spesialis jantung Insomnia merupakan kata yang dekat dengan kehidupan para kawula muda akhir-akhir ini. Bagaimana tidak? Segudang aktivitas yang harus dilakukan selama satu hari membuat waktu tidur terpangkas habis dan pada akhirnya membuat seseorang menjadi terbiasa untuk terjaga di malam hari. Ketika sulit tidur, biasanya Anda akan mengonsumsi obat tidur untuk membuat kantuk cepat datang dan membuat Anda mudah terlelap. Namun, tahukah bahwa di balik kemudahan yang ditawarkan oleh obat tidur itu ada beberapa bahaya yang mengancam tubuh Anda? Dokter spesialis jantung adalah salah satu dokter spesialis yang sangat tidak menyarankan penggunaan obat tidur, karena dapat berakibat pada melemahnya denyut jantung. Bahkan, psikiater yang menggunakan obat ini sebagai salah satu terapi untuk pasiennya pun, sangat berhati-hati dalam penggunaannya. Hal ini terkait dengan dampak negatif penggunaan obat tidur yang tidak pada tempatnya, antara lain:

  1. Obat tidur bisa menyebabkan ketergantungan. Sekali saja Anda mencoba mengonsumsi obat tidur, maka Anda akan sulit untuk lepas dari jerat pengaruhnya. Sama seperti ketergantungan pada alkohol, ketika berusaha untuk lepas Anda akan merasakan efek samping berupa tubuh yang menggigil dan mata yang tetap terbuka sekeras apa pun usaha Anda untuk tertidur.
  2. Lambat laun, dosis yang Anda pakai tidak akan mempan. Ketika Anda mulai benar-benar ketergantungan dengan obat tidur, perlahan-lahan dosis obat yang Anda konsumsi tidak akan mempan lagi dan membuat Anda tetap terjaga. Untuk itu, Anda pun mulai menambah dosisnya hingga kadar tertinggi dan dikhawatirkan bisa menyebabkan overdosis.
  3. Obat tidur juga memberi efek samping nyata pada para penggunanya. Seringnya, ketika bangun tidur di pagi hari, Anda akan merasa linglung dan merasa pusing. Anda pun akan sulit berkonsentrasi karena tidak bisa memusatkan pikiran. Keadaan ini tentunya sangat berbahaya bagi Anda yang harus melakukan perjalanan pulang-pergi dari rumah menuju kantor. Dikhawatirkan Anda bisa terlibat kecelakaan karena tidak sadar sepenuhnya.

Semakin lama menggunakan obat tidur, maka Anda akan mengalami gangguan kejiwaan berupa halusinasi. Tidak jarang seseorang yang sudah berada di bawah pengaruh obat tidur berdosis tinggi akan merasa kesulitan untuk membedakan mana kejadian nyata dan mana yang tidak nyata. Emosi Anda pun akan mulai tidak terkontrol dan sering merasa cemas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE