Strategi Perhitungan Sebelum Mencicil Apartemen

Tips untuk Apartemen KecilBagi kamu yang hendak membeli unit apartment mega kuningan dengan cara mencicil, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Jangan sampai kegiatan mencicil apartemen ini akan menyusahkan kamu ke depannya. Untuk itu, kamu butuh strategi perhitungan sebelum mengajukan cicilan untuk membeli apartemen. Dengan begitu, kamu bisa mencicil dengan nyaman tanpa harus susah. Bagaimana caranya?

  • Hitung dana yang dibutuhkan. Pertama, cari tahu dulu unit apartk4reemen yang ingin dibeli. Jika sudah menemukan yang pas, lihat berapa besar harganya. Hitung harga apartemen yang dipilih lalu kurangi dengan uang muka. Angka yang didapat merupakan pokok pinjaman yang diperlukan.
  • Hitung uang yang dimiliki. Setelah menemukan angka pokok pinjaman yang diperlukan, saatnya kamu menghitung uang yang dimiliki saat ini. Tabungan, deposito, emas, berlian, atau bahkan kendaraan bisa kamu hitung angkanya. Namun demikian, kamu juga harus mempertimbangkan sulit atau tidaknya mencairkan uang. Tabungan, deposito, emas, merupakan harta yang mudah untuk diuangkan sementara tanah atau rumah merupakan harta yang membutuhkan waktu lama untuk diuangkan.
  • Hitung pemasukan bulanan. Untuk kamu yang belum menikah, coba hitung pemasukan yang kamu dapat setiap bulan. Entah itu dari gaji, bisnis sampingan, atau bahkan dari saham atau reksadana. Begitu juga untuk kamu yang sudah menikah, coba hitung pemasukan bulanan antara kamu dan pasangan. Hal ini dimaksudkan agar semua pemasukan menjadi lebih jelas.
  • Hitung pengeluaran bulanan. Selain menghitung pemasukan bulanan, kamu juga harus membuat pengeluaran tetap setiap bulan. Entah itu biaya listrik, biaya cicilan lain, biaya asuransi, dan lain sebagainya. Kamu juga harus memperhitungkan biaya pengeluaran tak terduga yang mungkin bisa dikeluarkan setiap bulan.
  • Cari informasi bank yang menyalurkan KPA. Sekarang ini ada banyak sekali bank yang menyalurkan KPA, untuk itu buatlah perbandingan antara yang satu dan lainnya. Kamu bisa mengecek persyaratannya, suku bunga, penalti, dan biaya-biaya lain di luar hal tersebut. Tidak hanya itu, pertimbangkan pula fasilitas yang diberikan oleh bank.

Itu dia beberapa strategi perhitungan yang harus disiapkan sebelum mencicil apartemen. Pastikan untuk menerapkannya ya, supaya kamu tidak mengalami masalah sulit tidur karena masalah ini. Tidak mau, kan, kamu setiap malam dipusingkan dengan urusan cicilan apartemen? Semoga membantu dan selamat mencoba 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE