Sudah Pernah Mencoba Memasak Sate di Teflon?

sate ayamMusim Lebaran Haji adalah masa ketika rumah-rumah sebagian besar penduduk Muslim dipenuhi dengan daging qurban. Menu makanan dengan olahan daging seperti rendang atau sate pun akan menghiasi meja makan selama beberapa pekan berikutnya. Jika kamu bosan karena dari tahun ke tahun menu masakanmu itu terus, kamu bisa mencoba membuat olahan daging dengan bumbu stir fry sauce, lho. Cita rasa lada hitamnya memberikan sensasi berbeda, dibandingkan dengan rasa rendang juga sate. Atau, kamu juga bisa membuat menu lama namun dengan teknik memasak yang baru. Contohnya adalah memasak sate di teflon.

Memasak sate dengan arang bisa dikatakan cukup merepotkan. Pasalnya, alat dan bahan yang dibutuhkan lumayan banyak. Selain itu, pembakaran di atas arang juga menghasilkan asap yang tidak sehat. Oleh karena itu, membuat sate di teflon dapat menjadi alternatif untuk kamu yang ingin membuat sate.

Pada dasarnya, membakar sate dengan teflon memiliki prinsip yang sama dengan membakar sate di atas arang. Kamu perlu memotong daging menjadi bagian-bagian kecil, lalu menusukkannya ke lidi, kemudian mengolesnya dengan minyak juga bumbu, dan membakarnya. Kekurangan metode ini, barangkali, adalah hasil akhir sate itu sendiri. Daging sate yang dibakar di atas teflon tidak akan mengalami gosong seperti pembakaran di atas arang. Selain itu, tingkat keempukan daging pun akan berbeda. Namun, jangan khawatir, sebab beberapa tips di bawah ini dapat kamu coba untuk membuat daging sate hasil bakaran teflonmu empuk.

  • Potonglah daging dengan ukuran yang sama. Cara ini untuk memastikan tingkat kematangan tiap potongan akan sama.
  • Berikan nanas atau daun pepaya. Menaruh nanas atau daun pepaya dalam teflon ketika memanggang sate dapat membuat daging menjadi empuk. Namun, bila kamu tidak ingin menggunakan kedua bahan ini, kamu dapat menaburkan gula dan garam setelah daging dipotong dadu. Remas daging yang sudah ditaburi gula dan garam, diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air sebelum menusuknya ke lidi.
  • Bakar dengan suhu tinggi. Mulailah memanggang daging satemu setelah teflon benar-benar panas. Hal ini untuk membuat daging matang dengan sempurna. Gunakan api kecil dan oleskan sedikit mentega di atas teflon sebelum meletakkan tusukan daging sate.

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba teknik ini? Selamat memanggang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.