Suhu yang Aman untuk Mandi Air Hangat

Dengan adanya pemanas air, saat ini mandi air panas pun bisa dengan mudah dilakukan. Dulu saat seseorang ingin mandi air panas atau air hangat harus memasak air dulu dengan menggunakan kompor dan menunggu airnya panas. Maka sekarang dengan pemanas air, kita tinggal memutar keran dan air hangat pun sudah bisa dinikmati. Apalagi kini kebutuhan akan pemanas air untuk penginapan dan keluarga pun cukup tinggi.

Namun ternyata mandi air panas ini tidak bisa sembarangan. Mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas bisa berbahaya bagi kita. Beberapa orang ada yang akhirnya terluka ketika mandi dengan air panas dikarenakan suhu air yang terlalu tinggi. Lalu berapakah suhu yang tepat untuk mandi air hangat atau panas ini?

Mandi Air Hangat dengan Pemanas AirDikutip dari laman Telegraph.co.uk, Sarah Colles, penyuluh keamanan rumah untuk organisasi Royal Society for the Prevention of Accidents, Inggris, mengatakan sebaiknya suhu air mandi harus lebih hangat dibandingkan suhu tubuh kita, yakni rata-rata sekitar 37 derajat Celsius. Namun jangan terlalu panas. Suhu yang terlalu panas, yakni 39 derajat celcius ke atas bisa berakibat buruk bagi tubuh, terutama bagi mereka yang telah berumur.

Bila Anda memiliki penyakit jantung dan kemudian berendam dalam air panas dengan suhu 39 derajat Celsius, detak jantung bisa naik sekitar 12% dan sangat berbahaya bagi jantung. Selain itu, meski mandi air hangat bisa membuat rileks otot dan sendi, namun ini tidak akan menyembuhkan masalah otot yang kita miliki.

Mandi air hangat untuk bayi

Memandikan bayi atau anak-anak dengan air hangat juga memerlukan kehati-hatian. Selalu taruh air dingin terlebih dahulu kemudian baru tambahkan dengan air panas untuk mendapatkan suhu yang tepat. Kita juga bisa menggunakan thermometer untuk mengukur apakah suhu air sudah merupakan suhu yang aman. Bila tidak ada thermometer, gunakanlah bagian siku, yang lebih sensitif daripada telapak tangan, untuk memeriksa suhu air.

Cara yang lebih mudah adalah dengan menurunkan suhu pada thermostat di pemanas air kita dan jangan tinggalkan anak tanpa pengawasan ketika tengah mandi.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika terjadi “kecelakaan” saat mandi air panas?

Kecelakaan yang sering terjadi biasanya adalah luka bakar yang disebabkan karena suhu air yang terlalu panas. Bila ini terjadi pada kita atau anak kita, segeralah basuh area yang terbakar dengan air dingin yang mengalir minimal selama 15 menit. Tapi jangan gunakan air yang sedingin es karena justru bisa menyebabkan hipotermia.(raw)

One thought on “Suhu yang Aman untuk Mandi Air Hangat

  1. Pingback: Lakukan Perawatan Pada Tangki Pemanas Air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE