Supaya Tidak Rusak, Begini Merawat Sepeda Motor!

motorMeskipun sudah tidak banyak yang menggunakan motor 2 tak, akan tetapi kelebihan yang dimiliki motor 2 tak membuat beberapa orang masih setia menggunakannya. Seperti performa motor yang jauh lebih baik selama menggunakan oli samping terbaik. Namun sebenarnya, bukan masalah motor apapun yang Anda gunakan, selama Anda memerhatikan perawatannya. Sebab, tanpa dilakukan perawatan rutin dan hanya memerhatikan masalah oli saja tidak akan menjamin motor Anda bebas dari kerusakan.

Yap, jika Anda tidak pernah memerhatikan kondisi sepeda motor dan malas melakukan perawatan maka bisa dipastikan motor Anda pun sangat mudah rusak dan takutnya nanti malah tidak bisa digunakan lagi. Untuk itu, agar sepeda motor tidak cepat rusak, maka cobalah untuk melakukan beberapa hal penting berikut, check it out;

  • Rutin servis sepeda motor. Apakah Anda tipe pengendara yang rutin atau malah malas menyervis motor? Jika malas, maka tinggalkanlah kebiasaan tersebut. Sebab tidak menyervis motor hingga berbulan-bulan lamanya, maka dijamin sepeda motor Anda pun lebih gampang rusak dibandingkan dengan pengendara yang selalu menyervis motor mereka. Oleh sebab itu, supaya Anda tidak mengalami kejadian tersebut, ada baiknya rutinlah untuk menyervis sepeda motor dua bulan sekali ke bengkel resmi. Dengan begini, tentu motor Anda pun tidak akan cepat rusak.
  • Gunakan oli sesuai standar. Oli merupakan salah satu cairan pelumas yang sangat dibutuhkan oleh kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Dengan adanya oli ini dapat membuat mesin kendaraan terasa lebih mulus saat dikendarai, sehingga tidak heran bila penggunaan oli ini sangat wajib untuk kendaraan. Mengingat cukup pentingnya penggunaan oli ini untuk kendaraan, maka Anda tentu disarankan untuk rutin mengganti oli tersebut. Saat mengganti oli, pilihlah oli yang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.
  • Panaskan motor sebelum digunakan. Salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pengendara adalah langsung menggunakan motor tanpa memanaskannya terlebih dahulu. Padahal, dengan memanaskan motor lebih kurang 5 sampai 10 menit setiap hari dapat membuat oli melapisi komponen mesin dengan sempurna sehingga risiko terjadinya kerusakan pun bisa dihindari. So, sebelum berkendara, jangan lupa panaskan motor Anda, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE