Syarat yang Harus Dipenuhi Ketika Akan Membangun Data Center

Data Center BiznetData center secara sederhana merupakan pusat data yang terdiri atas beberapa server terpusat yang digunakan untuk menyimpan data penting. Singkatnya, data center merupakan sebuah komponen penting dari keberlangsungan aktivitas internet dari berbagai segmen. Indonesia sendiri memiliki data center yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya Jakarta. Sebagai salah satu pusat bisnis di sektor perbankan, finansial, perminyakan, dan pemerintahan, data center Jakarta berperan sebagai pusat penyimpanan data yang terintegrasi.

Namun demikian, ternyata data center tidak bisa dibangun begitu saja di berbagai tempat. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk membangun data center. Di antaranya adalah:

  1. Lokasi Data Center. Lokasi tempat dibangunnya data center harus dipilih dengan pertimbangan yang masak. Mengapa demikian, sebab lokasi sangat berkaitan erat dengan tingkat keamanan data center Mengingat pentingnya keberadaan data center dalam menunjang kehidupan beberapa server internet, data center harus berada dalam tempat yang aman dan minim risiko bencana. Beberapa ada yang menyarankan untuk memilih lokasi data center atau colocation yang dekat dengan perusahaan berada. Misalnya saja perusahaan berada di Jakarta, maka sebaiknya memilih colocation Jakarta, untuk lebih memudahkan orang dari perusahaan (teknisi) melakukan pengecekan terhadap fasilitas data center.
  2. Konstruksi bangunan. Bangunan yang akan digunakan untuk menjadi data center haruslah kuat dan tahan guncangan. Sirkulasi udara harus cukup karena berkaitan dengan suhu yang ada di dalam ruangan dan diusahakan tidak memiliki jendela. Bangunan data center harus dibangun dengan bahan yang tahan api sehingga tidak mudah terbakar dan konstruksinya pun harus tahan gempa. Kabel yang menyatukan seluruh komponen di dalam data center harus diatur sedemikian rupa.

Sistem pengamanan. Pengamanan yang harus dilakukan meliputi keamanan di di sekeliling bangunan dan di dalam bangunan. Untuk sekeliling bangunan, data center haruslah didirikan di tengah lahan kosong. Jarak antara bangunan dan halaman depan haruslah sekitar 10 meter sehingga pengamanan bisa terpusat pada data center. Bagian luar data center pun harus dilengkapi dengan cctv yang mencakup semua bagian tanpa terkecuali. Kameranya pun harus memiliki kemampuan untuk tahan dalam segala situasi dan kondisi. Untuk di dalam bangunan, selain kamera pengintai, harus juga dilengkapi dengan sensor asap dan sensor kebakaran. Pintu masuk sebisa mungkin hanya diarahkan pada satu pintu saja dan pintu harus terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh. (Tr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE