Syarat yang Sebaiknya Terpenuhi dalam Praktek Poligami

Surga yang Tak di RindukanSampai saat ini, poligami masih menjadi hal yang pro dan kontra di kalangan masyarakat secara umum. Meskipun begitu, banyak produser film televisi maupun film layar lebar yang mengangkat kisah poligami dalam film yang diproduksinya, salah satunya yaitu Film Surga yang Tak Dirindukan. Dalam film ini terlihat sudut pandang mengenai poligami yang berbeda-beda.  Bahkan konsep pernikahan ideal pada film surga yang tak dirindukan pun berbeda untuk setiap tokoh wanitanya. Tentunya, kemas cerita inilah yang membuatnya menarik untuk disaksikan. Beberapa film menceritakan mengenai masalah yang dapat timbul akibat adanya poligami dalam suatu pernikahan, sementara pada film lainnya justru menggambarkan mengenai hal baik yang didapatkan dengan adanya poligami. Tentunya dampak positif maupun negatif dari adanya poligami, bergantung pada pola pikir penulis cerita mengenai poligami itu sendiri (pro atau kontra).

Dalam hukum Agama sendiri, sebenarnya beberapa Agama mengijinkan terjadinya poligami dalam sebuah pernikahan. Selama poligami yang dilakukan masih memenuhi kriteria dan persyaratan seperti yang tercantum dalam kitab suci Agama masing-masing. Begitu pula dengan hukum di Negara Indonesia, mengijinkan terjadinya poligami selama sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang tercantum dalam Undang-Undang. Berikut ini adalah beberapa syarat yang sebaiknya terpenuhi dalam praktek Poligami, baik secara hukum Agama maupun hukum di Negara Indonesia:

  • Pahami dengan baik seluruh aturan Agama mengenai poligami

Beberapa agama mengijinkan terjadinya poligami, namun sebelumnya kita harus memahami jenis poligami yang diijinkan. Poligami dapat terbagi menjadi 3, yaitu poligini (1 suami, banyak istri), poliandri (1 istri, banyak suami) dan group marriage (gabungan poligami dan poliandri). Agama Islam mengijinkan terjadinya poligini, namun menentang poliandri dan group marriage. Sementara, beberapa Agama lain mengijinkan terjadinya poligami jenis apapun. Ada juga Agama yang tidak mengijinkan terjadinya poligami jenis apapun.

  • Pahami dengan baik seluruh aturan Negara mengenai poligami

Negara mengijinkan terjadinya poligami selama Agama yang dianut pelaku poligami mengijinkan. Selain itu, poligami dilakukan atas seijin pasangan pertama. Artinya, jika seseorang melakukan poligami tanpa ijin dari pasangan pertama, pernikahan tersebut tidak akan dapat didaftarkan secara hukum Negara (terdaftar di KUA).

  • Bersikap adil

Seseorang yang melakukan poligami harus mampu untuk bersikap adil dan tidak memihak pada salah satu pasangan saja. Baik dari segi perhatian, kasih sayang, nafkah lahir dan batin. Dengan bersikap adil, maka akan menghindarkan kemungkinan terjadinya rasa iri pada pasangan yang satu terhadap pasangan yang lain.

  • Bertanggungjawab

Mampu bertanggungjawab dalam memenuhi kebutuhan setiap pasangannya.

Nah, untuk yang penasaran melihat bagaimana cerita mengenai praktek poligami yang terjadi dalam Film Surga yang Tak Dirindukan. Yuks simak, trailer film ini yah! Selamat menikmati. (Yv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE