Tahan Kebiasaan Membentak Anak!

Konsultasi AnakBanyak orangtua yang melakukan konsultasi masalah anak mengenai kebiasaan anak yang senang membangkang dan berlaku menjengkelkan. Terlebih lagi jika si buah hati sudah masuk ke periode sekolah ketika ia bertemu dengan banyak teman sebayanya dan mengenal kehidupan di luar rumah. Entah mengapa, anak menjadi senang melawan perkataan Anda dan sebagai akibatnya, Anda kerap kali memarahi bahkan membentaknya! Eits, disadari atau tidak, perilaku orangtua ketika membentak anak justru menjadi salah satu pemicu mengapa anak menjadi pribadi yang membangkang loh. Untuk itu, kapan pun anak mulai memancarkan tindak tanduk di luar dugaan, yuk coba beberapa tips di bawah ini:

  1. Membentak tidak menyelesaikan masalah. Alih-alih membentak, cobalah alternatif tindakan lainnya untuk mendisiplinkan anak dan memberi tahu bahwa tindakannya adalah salah. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengajaknya bicara, memperingatkannya dengan kata-kata yang sopan dan tidak kasar, atau memberikan konsekuensi atas perbuatannya itu.
  2. Jika anak bersikap menjengkelkan, sebaiknya cari tahu alasan di balik perbuatannya itu. Sebab bisa saja tingkah laku Anda yang menjadi pemicu perbuatan menyebalkannya tersebut. Jangan terburu-buru membentak dan menghakimi anak karena hal itu bisa merusak kepercayaan anak kepada Anda. Bukan hormat yang didapat, yang ada Anda justru membuatnya semakin menjauh dari Anda.
  3. Kesabaran adalah kuncinya. Mendidik anak menjadi seorang pribadi yang baik memang bukan hal yang mudah. Pastinya akan ada beragam hal yang Anda hadapi sebelum mencapai poin tersebut. Mulailah untuk intropeksi diri dan mencari cara lain untuk menghadapi kemarahan anak selain memarahi dan membentaknya.
  4. Berikan kebebasan pada anak untuk mengekspresikan dirinya. Tidak jarang kita marah pada anak karena ia melakukan hal-hal yang ‘berbeda’ dengan keinginan kita. Coba lihat baik-baik, apakah anak melakukan sesuatu yang sangat salah sehingga pantas mendapat hukuman atau malah ia melakukan sesuatu yang sebenarnya baik untuk perkembangan dirinya namun karena tidak sesuai dengan keinginan kita, kita justru membentaknya. Selalu ada dua sudut pandang untuk suatu permasalahan dan adalah tugas kita untuk memilih sudut pandang terbaik.

Kebiasaan membentak ini juga tidak akan mendukung perkembangan psikologis anak, tetapi justru dapat menghambatnya. Tidak hanya dapat membuat anak menjadi pembangkang, anak bisa juga berkembang menjadi pribadi yang tertutup dan takut pada orangtuanya. (Tr)

One thought on “Tahan Kebiasaan Membentak Anak!

  1. Pingback: Punya Anak Yang Senang Ngompol? Ini Dia Tips-Nya | Tips Indonesia dan Kumpulan Artikel Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE