Tahapan Pembuatan Gedung Bertingkat

Ketika bermain ke daerah perkantoran, kita akan melihat ada banyak sekali gedung bertingkat, dari mulai yang sudah selesai dibangun maupun yang masih dalam proses pembangunan. Gedung-gedung yang masih dalam proses pembangunan, biasanya akan terlihat dari berbagai alat berat yang masih berada di sekitar gedung tersebut. Alat-alat berat ini akan digunakan hingga proses pembangunan telah selesai dan gedung siap untuk digunakan. Selama masih dalam proses pembangunan, berbagai alat berat dan suku cadang alat berat yang dibutuhkan akan tetap berada di sekitar proyek.

Bagi kita masyarakat umum, mungkin tidak terlalu banyak mengetahui tahapan dalam pembuatan gedung bertingkat. Umumnya kita hanya mengetahui proses pembuatannya ketika sebuat lahan kosong mulai diberikan keterangan “akan dibangun” dan sudah mulai banyak alat berat di lokasi tersebut. Padahal, ada banyak loh tahapan yang harus dilalui sebelum sebuah gedung bertingkat didirikan, yaitu:

  • membangun gedung pencakar langitHal yang paling pertama harus dilakukan, tentunya menentukan tujuan pembangunan sebuah gedung atau bisa dikatakan pemanfaatan gedung. Apakah gedung ini akan dibuat sebagai gedung perkantoran, apartemen, pusat perbelanjaan, hotel, atau yang lainnya. Tujuan ini bisa mempengaruhi lokasi yang akan dipilih nantinya.
  • Selanjutnya, kita harus memilih tim yang akan mengerjakan proyek ini. Sebagai pemilik gedung atau owner, kita tidak harus terlibat langsung selama proses pembangunan. Karena itulah, kita harus memilih tim yang benar-benar profesional dan bisa dipercaya.
  • Setelah kedua hal tersebut beres, langkah selanjutnya yaitu mulai pengurusan administrasi dan desain gedung. Sesuaikanlah desain gedung dengan tujuan pemanfaatan gedung setelah jadi nanti. Selain itu, perhatikan baik-baik dalam proses pengurusan administrasi. Pastikan bahwa seluruh persyaratan yang dibutuhkan telah lengkap dan tidak ada yang menyalahi aturan. Kesalahan sedikit saja pada masalah administrasi ini, dapat menghambat proses pembangunan gedung atau timbulnya masalah dikemudian hari.
  • Pilihlah kontraktor terpercaya yang akan mengerjakan proyek ini. Pastikan bahwa kontraktor ini melakukan pekerjaannya dengan jujur dan profesional. Saat proses pembangunan gedung berlangsung, owner bisa melakukan pengawasan langsung ataupun meminta bantuan kepada tim yang dipercaya untuk mengawasi kerja kontraktor.

Setelah gedung selesai dibangun, maka akan ada proses serah terima gedung dari kontraktor ke owner. Selama beberapa waktu (sesuai kesepeakatan), kontraktor akan bertanggungjawab atas perawatan awal gedung. Beberapa tahapan tersebut, hanyalah tahapan hinggagedung selesai. Masih ada berbagai tahapan lain, misalnya pengelolaan gedung seperti intalasi air, listrik, dan berbagai hal lainnya. (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE