Tak Perlu Diet, Cukup Terapkan PGS Agar Tubuh Sehat

PGS atau pola gizi seimbang sebenarnya sudah diimplementasikan semenjak tahun 1995 di Indonesia sebagai konsep pola makan sehat. Akan tetapi, mungkin selama ini pola makan yang lebih dipopulerkan adalah pola makan empat sehat lima sempurna. Selain berolahraga menggunakan alat fitness, sebenarnya dengan PGS ini Anda tidak perlu repot-repot menerapkan diet yang aneh-aneh dan belum teruji secara medis. Karena dengan PGS ini Anda sudah bisa mengontrol gaya hidup sehat dan memperoleh berat tubuh yang ideal.

PGS digambarkan dalam bentuk tumpeng dan nampannya yang disebut Tumpeng Gizi Seimbang (TGS). TGS ini menggambarkan 4 prinsip gizi seimbang yaitu aneka ragam yaitu:

  1. PGS (Pola Gizi Seimbang) Untuk Tubuh SehatMakan sesuai kebutuhan
  2. Menjaga kebersihan
  3. Rutin melakukan aktivitas fisik
  4. Memantau berat badan ideal

TGS terdiri atas beberapa potongan tumpeng, dan luasnya potongan TGS menunjukkan porsi makanan yang harus dikonsumsi setiap orang per hari. TGS yang terdiri atas potongan-potongan itu didasari oleh gambar air putih yang berarti sangat penting untuk memenuhi kebutuhan gizi. Yuk, simak ulasan lebih jauh mengenai penerapan PGS di bawah ini.

Makan Sesuai Kebutuhan

PGS memerhatikan porsi makanan yang Anda butuhkan. Sebaiknya sebagian besar porsi yang Anda makan terdiri atas sumber cukup karbohidrat, sedikit sumber protein, sedikit sayur dan buah sebagai sumber vitamin. Pola makan yang porsinya tidak teratur dan tinggi akan semua sumber gizi tidaklah sehat karena berisiko menimbulkan penyakit degeneratif seperti stroke, jantung, diabetes. Pola makan sehat ini tentunya perlu diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup sekitar 8 gelas perhari.

Menjaga Kebersihan

Meskipun asupan gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan lainnya sudah terpenuhi, maka akan percuma jika Anda tidak menjaga kebersihan. Gaya hidup yang tidak memerhatikan kebersihan dapat merusak kesehatan Anda apalagi bila kuman dan bakteri sampai masuk ke dalam makanan yang Anda konsumsi.

Rutin Melakukan Aktivitas Fisik dan Memantau Berat Badan Ideal

Menjaga pola makan saja tidak cukup untuk mencapai tubuh yang sehat. Olahraga atau aktivitas fisik perlu dilakukan minimal seminggu 3 kali. Seiring rutinnya berolahraga, , lemak dan zat-zat yang tidak diperlukan dalam tubuh akan terbuang sehingga berat badan ideal pasti akan tercapai.

Yuk, mulai hidup sehat dengan menerapkan Pola Gizi Seimbang! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE