Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

Banyak bangunan di Bali yang tetap mempertahankan ciri khasnya. Bahkan ketika kita berada didalam Bali hotel yang menggunakan konsep modernpun, mereka tetap mempertahankan ciri khas bali dalam beberapa bagian bangunannya. Ciri khas tersebut berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu. Maka tidak heran jika banyak bangunan Bali yang terlihat seperti bangunan pura.

Patung Garuda Wisnu KencanaPada taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang sudah terkenal baik didalam maupun luar negeri juga terlihat nuansa Hindu. Patung Dewa Wisnu yang dipercaya merupakan Dewa penyelamat dibangun di taman ini, sebagai lambang kekuatan utama dalam pemeliharaan alam semesta yang mendominasi kawasan ini. Selain patung Dewa Wisnu, di taman ini juga terdapat patung Garuda, yang merupakan kendaraan Dewa Wisnu. Patung Garuda ini merupakan lambang pengabdian tanpa pamrih. Taman budaya ini dibangun untuk mengenang pengorbanan Garuda yang rela mengabdi pada Dewa Wisnu untuk menjadi kendaraan sang Dewa demi menyelamatkan ibunya dari perbudakan.

Proyek Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu megaproyek terbesar di Bali, sebuah mahakarya yang luar biasa dari seniman terkenal I Nyoman Nuarta.Menurut rencana, patung Dewa Wisnu akan di buat sedang mengendarai Garuda. Saat ini beberapa bagian sudah diletakkan di lokasi GWK, yaitu bagian kepala Dewa Wisnu, Kepala Garuda dan bagian lengan Dewa Wisnu. Jika seluruh bagian telah lengkap, maka seluruhnya akan dipindahkan ke lokasi yang telah ditentukan.

Patung ini direncanakan akan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan Patung Liberty di Amerika Serikat. Tinggi patung diperkirakan sekitar 75 meter dan diletakkan diatas pondasi setinggi 70 meter. Lebar bentangan sayap garuda diperkirakan mencapai 66 meter. Dibeberapa bagian patung, akan diberikan lapisan emas. Dengan ukuran yang sangat besar ditambah dengaan lokasi peletakkannya diatas fondasi yang sangat tinggi, maka patung GWK ini akan dapat terlihat dari segala penjuru di pulau Bali. Bahkan ketika wisatawan baru turun dari pesawat di Bandara Ngurah Rai, patung inipun akan dapat terlihat.

Proyek pembuatan patung GWK ini sempat terkatung-katung, namun saat ini proyek tersebut mulai dilanjutkan kembali. Melihat rencana yang telah dibuat, jika bangunan ini selesai akan menjadi ikon pariwisata yang sangat megah di Bali. Semoga proyek patung ini tidak mengalami kendala dan dapat segera diselesaikan.

One thought on “Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana

  1. farhan olshop

    saya yakin..begitu pembuatan patung ini rampung sesuai dengan rencana, nama Indonesia akan dikenal, kalau Bali saya rasa seluruh dunia sudah tau…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE