Tangan Dingin, Kebas, atau Kesemutan? Mungkin Ini Sebabnya

tangan dingin

image source: huffingtonpost

Seringkali, Anda merasa telapak tangan Anda dingin. Tak jarang, rasa dingin ini juga muncul bersamaan dengan rasa kebas serta kesemutan. Anda pun mencoba menguranginya dengan mengonsumsi vitamin untuk kram kesemutan. Namun demikian, orang di sekitar Anda pun menambahkan bahwa jangan-jangan Anda memiliki gangguan jantung. Yap, pasalnya, seseorang dengan gangguan jantung memang sering mengalami tangan dingin dan kesemutan.

Nah, sebelum berasumsi terlalu jauh, coba cek beberapa hal di bawah ini. Tangan dingin, kebas, dan kesemutan tak selamanya disebabkan oleh jantung.

  • Anemia. Kondisi anemia terjadi pada tubuh ketika Anda tidak memiliki sel darah merah atau hemoglobin yang cukup pada darah. Keadaan ini kemudian membuat suplai oksigen yang harusnya didistribusikan ke seluruh tubuh menjadi berkurang produksinya. Hal inilah yang membuat telapak tangan Anda menjadi dingin karena kekurangan oksigen dalam darah. Anemia biasa terjadi karena kekurangan zat besi, kurang darah karena menstruasi, atau karena gangguan pencernaan.
  • Gangguan kelenjar tiroid. Penyakit ini terjadi ketika tiroid Anda tidak aktif dan membuat fungsi tubuh menjadi melambat. Gejalanya sendiri bisa berupa kelelahan, sembelit, atau bahkan tangan yang terasa dingin. Segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut jika Anda merasa tubuh mulai tidak nyaman.
  • Raynaud. Mungkin, Anda akan merasa asing dengan sindrom ini karena tidak pernah mendengarnya. Memang, di kalangan masyarakat Indonesia, raynaud masih asing dan belum dikenal. Raynaud sendiri merupakan sebuah sindrom yang bisa menyebabkan ujung-ujung tubuh seperti ujung jari, hidung, telinga, dan juga telapak tangan menjadi dingin dan kebas. Kondisi ini biasanya terjadi ketika penderitanya merasa stres atau emosional.
  • Tekanan darah rendah. Saat tekanan darah yang ada di dalam tubuh menurun, maka secara otomatis pembuluh darah akan melindungi organ vital. Kondisi inilah yang membuat penderitanya merasakan dingin pada telapak tangan dan pandangan yang terasa kabur.

Itu dia beberapa hal lain yang bisa menyebabkan telapak tangan Anda terasa dingin dan kebas. Sebaiknya, untuk meyakinkan apakah penyebab dari tangan dingin yang Anda rasakan, segera kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut, ya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE