Tarikan Gas Tersendat Saat Tanjakan, Apa Penyebabnya?

mobil di tanjakanTidak cukup hanya menggunakan oli berkualitas, Anda juga perlu memerhatikan hal lainnya untuk kesehatan setiap kendaraan. Apabila tidak dirawat dengan baik, bisa saja kendaraan Anda bermasalah dengan tarikan gas yang tersendat saat di tanjakan, sehingga membuat kepanikan. Berikut penyebabnya :

  • Saringan udara bermasalah

Permasalahan ini bisa menimbulkan ketidakstabilan tekanan gas motor sehingga menjadi berat dan tersendat saat tanjakan. Penyebab kotornya saringan udara bisa disebabkan oleh lingkungan yang berdebu, apalagi daerah tempat tinggal dan lingkungan yang penuh polusi. Untuk itu, perlu segera bawa ke bengkel langganan Anda untuk pengecekkan lebih lanjut.

  • Gap busi tidak sesuai

Gap busi atau bisa disebut dengan pengaturan kerenggangan busi, harus sesuai dengan standar. Hal itu harus selalu dipakai agar mesin dapat bekerja dengan optimal. Pengaturan kerenggangan ini, memengaruhi pembakaran bahan bakar dan udara di dalam ruang mesin. Solusinya, lakukan pengecekan busi setiap 4.000 km, namun jangan berpatokan dengan itu saja. Kerenggangan busi tidak dapat diprediksi sehingga bisa saja hanya dalam pemakaian beberapa bulan, sudah harus diganti. Selain itu, busi kotor, bisa menyebabkan korsleting dan membuat mesin cepat mati.

  • Mesin terlalu panas

Tanda mesin kendaraan Anda sudah terlalu panas adalah pada saat diinjak pedal gasnya akan terdengar bunyi, seperti mesin yang menggelitik dan jalannya pun tersendat-sedat. Sering kali, hal ini terjadi karena radiator mobil bermasalah. Biasanya dikarenakan air radiator yang habis. Hal ini yang menyebabkan selang bypass menjadi rusak atau sobek sehingga menyebabkan kebocoran pada radiator.

  • Gonta-ganti bahan bakar

Ini yang sering menyebabkan performa kendaraan Anda tidak stabil. Seringnya gonta-ganti bahan bakar, misalnya hari ini mengisi bahan bakar dengan oktan rendah, keesokkan harinya mengisi dengan oktan yang lebih tinggi, kemudian berganti lagi menjadi oktan rendah. Hal tersebut akan membuat kompresi bermasalah sehingga bisa menyebabkan mesin tersendat, hingga terjadi kemogokkan. Selain itu, apabila sering gonta-ganti BBM, bisa menyebabkan karat pada tabung bahan bakar. Hal itu dapat menyumbat kinerja bahan bakar.

Untuk itu, lakukan perawatan rutin untuk tetap menjaga performa kendaraan Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE