Teknologi, Menguntungkan atau Bencana?

teknologiKemudahan yang ditawarkan oleh teknologi memberikan inovasi baru dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Dengan kekuatan teknologi, media sosial terlahir untuk menjangkau komunikasi yang berada di ruang dan waktu yang berbeda. Bisnis online pun ikut ‘naik daun’ bersamaan dengan inovasi baru yang terus berkembang dalam dunia digital. Hal ini terlihat bersamaan dengan terjadinya fenomena transportasi umum yang dipermudah dengan pengaksesan secara online, beli asuransi online yang sudah menjadi hal yang umum, perkembangan e-commerce yang terus melakukan ‘unjuk gigi’ demi persaingan yang ketat, munculnya fenomena pekerjaan baru dalam bidang promosi secara online yang menjadi trend baru dalam dunia marketing dan advertising.

Inovasi tersebut tentu diciptakan demi memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas manusia. Namun tahukah anda bahwa penggunaan teknologi yang tidak tepat tanpa adanya monitoring dapat menjadi dampak buruk bagi manusia? Hal ini bukan suatu fenomena yang asing bagi kita. Inovasi pada umumnya menjadi suatu manfaat bagi manusia dalam hal positif. Namun dapat juga berdampak negatif bagi kita. Perlu adanya suatu ‘kontrol’ untuk dapat mengendalikan penggunaan teknologi secara tidak wajar. Berikut merupakan beberapa tips yang dapat kita ikuti untuk melaukan kontrol terhadap penggunaan teknologi sejak dini

  • Tetap biasakan untuk melakukan aktivitas fisik. Sering kali teknologi membutakan mata manusia sebagai ‘perakit utama’ atau ‘pemilik dan pencipta’ dari benda itu sendiri. Hal ini membuat kita menjadi pribadi yang terlalu individualis serta kurang melakukan aktifitas fisik. Dengan melakukan aktivitas fisik, tentunya membuat kita untuk dapat bersosialisasi dengan orang terdekat. Bahkan dapat membuat kita bersyukur dengan hiidup kita.
  • Hindari keinginan buruk untuk ‘eksplorasi’ hal yang merugikan orang lain. Sikap utama manusia sebagai pribadi yang tidak pernah puas tentu membuat kita berkeinginan lebih untuk melampau batas yang ada. Hal ini tentu membuat kita tentu memiliki pemikiran yang tidak dapat ditebak. Sifat dasar manusia yang terlalu kepo (knowing every particular object) tentu sewaktu-waktu dapat berdampak akan keinginan untuk mencoba. Perlu adanya perdalam aktivitas sosial atau hal-hal yang dapat menghasilkan dampak yang besar bagi sesama seperti kegiatan sosial, kegiatan kebersamaan, dan lain sebagainya.
  • Perlu adanya gerakan untuk edukasi sejak dini demi memberikan pengetahuan dasar mengenai teknologi itu sendiri kepada anak-anak. Hal ini untuk menanamkan diri anak untuk berlaku sewajarnya pada masa mendatang.

Tentunya segala hal tersebut kembali kepada keinginan dalam diri sendiri untuk menggunakan teknologi sebagai hal yang membantu atau merugikan. (VK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE