Ternyata, Bayi Juga Bisa Terkena Maag

bayi menangisDengan intensitas kegiatan yang cukup padat, membuat banyak orang mengalami masalah pencernaan seperti sakit maag akibat pola makan yang tidak teratur. Itulah sebabnya, banyak orang yang selalu menyediakan obat maag di dalam tasnya sehingga dapat segera meminumnya ketika gejala maag baru saja muncul. Akan tetapi, bagaimana jika yang terserang sakit maag adalah bayi? Tentunya, Anda tidak bisa sembarangan saja memberikan obat, kan?

Loh, memangnya bayi bisa terserang maag? Mungkin pertanyaan ini yang ada dalam pikiran Anda saat membaca kalimat di atas. Jawabannya, adalah bisa. Tidak hanya maag saja, bayi juga ternyata bisa menderita penyakit lain yang berhubungan dengan aasam lambung, seperti refluks asam lambung karena berbagai penyebab.

Sayangnya, bayi tidak bisa mengatakan bahwa ada yang tidak beres pada kesehatannya kecuali dengan menangis. Nah, supaya bisa segera mengatasi sakit maag yang menyerang bayi Anda, tentunya Anda harus mengetahui gejala-gejalanya seperti berikut ini: (Source: health.liputan6)

  • Menangis dalam waktu lama dan semakin parah saat sore hari
  • Sembelit
  • Sering bersendawa
  • Terkadang disertai muntah
  • Nafsu makan berkurang atau hilang
  • Sering bangun
  • Menangis pada malam hari disertai batuk, tersedak, atau suara seperti tercekik
  • Berat badan menurun
  • Kesulitan bernapas
  • Kesulitan menelan

Sama halnya dengan orang dewasa, ketika bayi mengalami sakit maag maka artinya produksi asam lambung pada bayi berlebih. Dan kondisi ini tidak hanya menyebabkan peradangan pada lambung bayi, tetapi juga mengiritasi kerongkongan bayi saat bayi dalam posisi berbaring akibat asam lambung yang naik ke kerongkongan. Hal inilah yang membuat tidur bayi menjadi tidak nyaman dan akhirnya bayi akan sering terbangun.

Selain itu, rasa tidak nyaman ini akan membuat bayi sering menangis. Namun, karena naiknya asam lambung ke tenggorokan akan membuat bayi kesulitan bernapas dan sering terbatuk. Hal ini, umumnya terjadi jika kondisi sakit maag pada bayi sudah tergolong parah. Untuk mengatasi sakit maag pada bayi, ada baiknya jika Anda segera membawanya ke dokter anak dan tidak mencoba untuk mengatasinya sendiri. Sebab, bayi masih sangat rentan terhadap obat-obatan dan Anda mungkin tidak tahu kan obat mana yang aman untuk bayi Anda? (Vita)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE