Ternyata Ini Faktor Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

Siklus haid yang dialami oleh wanita umumnya memang adalah 28 hari sekali, kondisi dimana nantinya dinding endometrium rahim akan mengalami pengelupasan karena memang tidak dihuni oleh janin, sehingga memicu darah segar keluar dari kemaluan. Hal ini sebenarnya memang sudah termasuk sebagai hal normal untuk para wanita, juga mengindikasikan kesehatan dari alat reproduksi mereka. Namun pada beberapa orang sering kali mengalami masalah haid yang tidak lancar atau tidak tepat pada waktunya.

datang bulan tidak lancarJangan khawatir karena ada tips lancar datang bulan yang bisa dicoba, diantaranya adalah dengan cara alami atau dibantu dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Sebelumnya juga patut bagi Anda untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah yang memicu terjadinya datang bulan yang tidak lancar ini, diantaranya adalah:

  1. Stress, beban pikiran nyatanya adalah penyebab paling utama yang sering kali membuat datang bulan menjadi terlambat. Karena stress dapat memicu perubahan hormon yang diproduksi oleh tubuh.
  2. Peningkatan berat badan secara drastis, kondisi yang satu ini bisa jadi sebuah indikasi bahwa tiroid sedang bermasalah. Gangguan pada bagian tiroid ini bisa mengindikasikan perubahan siklus ketika haid.
  3. Pemakaian alat kontrasepsi, beberapa wanita yang juga memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi terkadang efek jangka rendahnya adalah memicu masalah pada alat reproduksi, sehingga haid juga jadi tidak normal.
  4. Merupakan gejala sebuah penyakit, penyakit yang menyerang bagian ovarium seperti diantaranya adalah kista kecil nyatanya juga bisa diketahui dari kondisi haid yang kurang lancar.
  5. Premenopouse, pada wanita memasuki usia lanjut mereka akan mengalami kondisi yang dinamakan sebagai menopouse, dimana nantinya ovarium atau indung telur tak lagi bisa memproduksi ovum atau sel telur, sehingga menyebabkannya tak lagi bisa hamil. Premenopouse ini ditandai dengan haid yang kurang lancar.

Wajib bagi Anda untuk mengenali faktor-faktor tersebut, jika hanya berlangsung sekali dua kali tak masalah, namun jika sudah sering terjadi sebaiknya konsultasikan ke ahlinya. Temukan tips sehat datang bulan secara lebih mudah diakses lewat Guesehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE