Tetap Bisa Memiliki Motor Walaupun Masih Kost

Sekarang angsuran sepeda motor baru semakin gampang. Bahkan untuk yang masih ngekos atau ngontrak pun bisa memiliki sepeda motor baru dengan mudah. Eh beneran? Bukannya pas kredit atau angsuran ada syarat yaitu harus udah punya tempat tinggal pribadi / sendiri? Untuk angsuran motor, gak perlu begitu kok. Untuk angsuran lain seperti KPR, pasti ada jaminan namun tidak untuk angsuran motor karena bagi angsuran motor akan menomorduakan peryaratan pengaju harus memiliki tempat tinggal pribadi. Hal ini sudah pernah diselidiki oleh Kompas Otomotif dan diterbitkan dalam Kompas Online.

Oke, berarti semua anak kontrakan atau kos yang sudah cukup umur bisa mulai angsuran sepeda motor dong? Ehm tidak segampang itu dong. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kamu yang masih ngekos atau ngontrak bisa mengajukan kredit sepeda motor dengan lancar, seperti:

Sudah Punya Pekerjaan dan Pendapatan Tetap

pendapatan tetapTidak ada satupun bank atau lembaga keuangan lainnya yang akan setuju dengan memberikan kredit apa pun jika pengaju tidak memiliki pekerjaan dan pendapatan tetap. Mereka butuh kepastian bahwa kamu sebagai pengaju kredit memiliki pemasukan setiap bulannya untuk membayar cicilanmu secara rutin. Selain pendapatan tetap, statusmu sebagai karyawan tetap akan lebih menjamin dibandingkan status karyawan part time atau masih kontrak.

Berapa minimal gaji untuk mengambil kredit sepeda motor? Untuk kredit, besarnya cicilan klo bisa tidak sampai 30% dari gaji kamu. Pastikan saat kamu menyisihkan uang bulan untuk cicilan mobil, kamu juga menyisihkan untuk pengeluaran lain seperti uang ngontrak / kos, uang makan dan lainnya. Pastikan juga ada uang sisa yang bisa disimpan sebagai uang darurat.

DP Digedein

dp motorJika kamu memberikan DP lebih banyak dibandingkan batas minimal yang disebutkan, hal ini menunjukan keseriusanmu memang ingin membeli sepeda motor dan melunasinya. Para analisa kredit akan memandang ini sebagai salah satu nilai PLUS dari kamu saat mereka melihat berkas pengajuan kreditmu.

Data dan Dokumen Lengkap

dataPastikan kamu melengkapi data dan dokumen yang diminta terutama fotokopi KTP, rekening koran selama 3 bulan dan lainnya. Ini untuk melancarkan proses pengajuan dan review. Data yang kurang dapat membuat proses tertunda hingga akhirnya pengajuan kreditmu dianggap tidak sah.

Jaminan

jaminanJika belum ada berkeluarga (menikah), kamu perlu memasukan nama orang tua atau saudara sebagai jaminan. Dengan adanya jaminan, analisa kredit akan melihat bahwa ada orang yang akan membantumu melunasi cicilan jika kamu tiba-tiba tidak bisa membayar cicilan perbulan. Ini menjadi salah satu faktor penentu yang tidak boleh dilupakan. Carilah penjamin yang memiliki track record keuangan dan bank yang baik.

Semoga hal-hal di atas membantu. –hm-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE