Tips Agar Fokus Belajar

Tips Agar Fokus BelajarBelajar memang hal terakhir yang paling disukai oleh kebanyakan orang. Padahal, mestinya kan kita tahu kalau belajar adalah hal paling utama yang harus dilakukan, apalagi bagi kita yang masih menyandang status sebagai pelajar. Lalu kenapa ya, belajar seakan-akan menjadi sesuatu yang sangat berat untuk dilakukan? Sepertinya, salah satu penyebabnya adalah materi pembelajaran yang menjadi semakin sulit dipelajari sehingga membuat kita merasa malas. Coba deh ingat kembali saat masa-masa kita dulu masih belajar bahasa inggris anak sd, materinya pasti tidak serumit materi yang kita pelajari sekarang kan? Namun kalau dipikir-pikir lagi, materi yang dipelajari sebenarnya tidak akan terasa sulit jika disertai dengan hal-hal berikut ini.

  • Motivasi

Seringkali sifat malas itu datang ketika kita tidak memiliki motivasi. Motivasi diperlukan agar kita senantiasa semangat dalam belajar. Nah, motivasi ada dua macam, yaitu motivasi dari dalam dan luar diri kita sendiri. Motivasi dari dalam contohnya adalah motivasi yang kita bangun oleh diri sendiri tanpa dorongan orang lain, misalnya kita termotivasi untuk belajar agar memiliki pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupan kita kelak. Sedangkan motivasi dari luar merupakan dorongan dari luar, kita belajar untuk mendapat nilai yang bagus supaya sukses dan membahagiakan orang tua. Kedua jenis motivasi ini sama berharganya dalam mendukung kita untuk belajar, yang penting disaat kita merasa malas motivasi tersebut selalu mengingatkan kita kepada tujuan yang ingin kita capai.

  • Tekad yang Kuat

Jika motivasi yang kita miliki tidak diimbangi dengan usaha dan tekad yang kuat sepertinya akan sia-sia saja. Tekad yang dimaksudkan adalah seberapa serius keinginan kita untuk belajar. Terkadang untuk bisa belajar dengan serius, kita harus mengorbankan waktu bermain karena belajar yang menjadi prioritas utama. Memang belajar tidak selalu menjadi hal yang menyenangkan tetapi seperti kata pepatah, “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”, kesulitan yang kita hadapi saat belajar pasti akan berbuah manis nantinya.

  • Enjoy Aja

Malas belajar juga bisa disebabkan karena sugesti dari pikiran kita bahwa belajar itu hal yang membosankan loh. Padahal, kalau kita menganggap belajar adalah hal yang menyenangkan maka sekejap kita akan mudah untuk menjalaninya, percaya deh. Cobalah untuk enjoy dan pelajari dahulu hal-hal yang kita sukai.

  • Singkirkan Semua Distraksi

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah menyingkirkan dahulu hal-hal yang bisa mengalihkan fokus kamu saat belajar. Biasanya di sela-sela belajar kita sering mencuri waktu untuk mengecek handphone atau browsing hal-hal yang menarik di internet. Nah, untuk sementara, saat belajar lebih baik semua hal yang membuat kita menjadi malas belajar di simpan terlebih dahulu.

Sudah tahu kan apa yang harus dilakukan agar tidak malas belajar? Semoga ilmu kita bermanfaat ya! (Rima)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE