Tips Agar Ibu Hamil Tetap Fit Saat Bekerja

wanita hamil tetap bisa bekerja

image sourceL pbs

Memang, bekerja selama masa kehamilan akan terasa melelahkan dibandingkan daripada sebelum hamil. Apalagi, ditambah bila ibu hamil bekerja di lingkungan yang mengharuskannya untuk berdiri dalam waktu lama, maka hal ini tentu bisa membahayakan kesehatan ibu hamil sekaligus janin yang tengah dikandungnya. Meskipun begitu, namun ibu hamil masih bisa kok bekerja saat hamil tanpa mengalami kelelahan yang dapat menimbulkan bahaya, misalnya saja mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda.

Selain itu, untuk menjaga agar tubuh tetap fit ketika bekerja, maka ibu hamil pun bisa memerhatikan beberapa tips berikut ini berdasarkan klikdokter.com, yakni diantaranya:

  1. Tidak melewatkan sarapan maupun makan siang meski memiliki banyak pekerjaan di kantor.
  2. Memakai pakaian yang nyaman sehingga lebih leluasa untuk bergerak.
  3. Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi seperti protein, asam folat, karbohidrat, lemak, vitamin C, dan sebagainya. Ibu bisa mengikuti panduan mempersiapkan makanan sehat untuk ibu hamil yang saat ini banyak beredar di internet.
  4. Memperbanyak meminum air putih, karena selain bagus untuk kesehatan baik ibu hamil maupun janin yang dikandung. Air putih pun bisa melindungi kulit dari kekeringan.
  5. Membawa camilan sehat ke kantor apabila terjadi rasa mual.
  6. Untuk menghindari rasa lelah yang bisa terjadi, ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sekaligus protein. Dan ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk memakan sayuran hijau dan daging merah.
  7. Sebisa mungkin kurangi waktu kerja Anda di kantor, sebab apabila bekerja terlalu berlebihan malah berisiko bayi lahir dengan berat yang rendah.
  8. Menghindari pemakaian sepatu berhak tinggi. Lantaran, sepatu hak tinggi hanya bisa menyebabkan terjadinya peregangan otot di bagian punggung sekaligus pinggang ibu hamil sehingga bisa mengakibatkan nyeri hamil.
  9. Tidak mengangkat beban yang berat ketika bekerja saat hamil, sebab dapat membuat bayi lahir prematur.
  10. Duduk selama bekerja memang tidak baik untuk kesehatan terlebih bagi ibu hamil. Untuk itu, pastikan ibu hamil melakukan gerakan berdiri dan jalan-jalan kecil di kantor setiap dua jam sekali.
  11. Rutin memeriksakan kondisi janin ke dokter kandungan, supaya bayi di dalam kandungan tetap terpantau kesehatannya.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan agar ibu hamil selalu fit meski tengah bekerja.

One thought on “Tips Agar Ibu Hamil Tetap Fit Saat Bekerja

  1. Pingback: Amankah Ibu Hamil Tetap Aktif Bekerja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE